Pintu M1 Bandara Ditutup, Ini Rekayasa Lalu Lintasnya

Pengamanan di jalan menuju Bandara Soekarno Hatta
Sumber :

VIVAnews - PT Angkasa Pura II akan menutup Pintu M1 Bandara Soekarno-Hatta dalam waktu dekat demi pembangunan monorel. Untuk itu, mulai besok, akan dikenalkan rute jalan menuju Bandara.

Kondisi Terkini Pemain Timnas Malaysia Faisal Halim Usai Disiram Air Keras OTK

Senior General Manager PT Angkasa Pura II Kantor Cabang Utama Bandara Soekarno-Hatta, Bram Bharoto Tjiptadi, mengatakan penutupan ini terkait dengan pembangunan jalur kereta Bandara yang akan dikerjakan awal tahun 2014 mendatang.
 
Berdasarkan hasil rapat antara pihaknya dengan Polres Bandara Soekarno-Hatta dan Kantor Otoritas Bandara Wilayah I Jakarta, pengenalan rute tersebut akan dilakukan Kamis 26 Desember 2013.

"Program pengenalan rute pengalihan akses dari dan ke Bandara Soekarno-Hatta melalui Jalan Perimeter Utara dan Perimeter Selatan akan dilakukan pukul 09.00-11.00 WIB dan 14.00-16.00 WIB," ujar Bram dalam keterangan tertulisnya, Rabu 25 Desember 2013.

Dia mengatakan, pola pengalihan ini dilakukan agar masyarakat terbiasa dengan lalu lintas di jalan itu sebelum benar-benar dilakukan permanen.

“Nantinya saat pengenalan jalan dilakukan pola buka-tutup guna menjamin kelancaran lalu lintas, dan agar calon penumpang pesawat atau masyarakat yang bertujuan ke bandara tidak kaget,” kata dia.

Saat pengenalan jalan itu, kata Bram, petugas juga akan memasang rambu pengumuman buka tutup yang akan dipasang di depan Pintu M1, jembatan pintu keluar Jalan Perimeter, Gerbang Bandara, dan Prasasti yang terletak di dekat Terminal 3 dan Terminal Kargo.

Pada pelaksanaannya, petugas gabungan yang terdiri dari 15 personel Polres Bandara dan 20 prosonel Aviation Security akan memandu masyarakat.

Pengalihan Arus

Bram menjelaskan, Jalan Perimeter Utara dan Perimeter Selatan adalah jalan yang dibangun oleh PT Angkasa Pura II guna mengalihkan lalu lintas Tangerang – Bandara Soekarno-Hatta dan sebaliknya yang saat ini melalui Pintu M1. Kedua jalan ini adalah restricted public area (RPA) sehingga ditetapkan tidak bisa dilalui oleh bus dan truk.

Saat dilakukan pengalihan rute M1, calon penumpang pesawat atau pengunjung yang ingin ke Bandara Soetta dari arah Tangerang bisa melalui Jalan Perimeter Selatan Bandara dengan rute Jalan Surya Darma – Jalan Perimeter Selatan – Jalan Husein Sastranegara – Jalan P1 Bandara.

Sementara itu, dari Bandara Soetta ke Tangerang bisa melalui Jalan P2 Bandara – Jalan Perimeter Utara – Jalan Surya Darma.

Bagi pengendara yang ingin ke Jakarta dari Tangerang dan sebaliknya disarankan tidak melalui Jalan Perimeter Selatan maupun Perimeter Utara. Tetapi bisa melalui Jalan Surya Darma atau Jalan Daan Mogot – Jalan Pembangunan III – Jalan Juanda – Jalan Garuda – Jalan Halim Perdanakusuma – Jalan Husein Sastranegara – Jalan Tol Sedyatmo.

Sebaliknya jika ingin ke Tangerang dari Jakarta melalui Tol Sedyatmo – exit tol Rawa Bokor – Jalan Husein Sastranegara – Jalan Halim Perdanakusuma – Jalan Garuda– Jalan Juanda – Jalan Pembangunan III – Jalan Surya Darma atau Jalan Daan Mogot.

Pemkot Tangsel Raih Opini WTP 12 Kali Berturut, Benyamin: Kami Selalu Bertekad Pertahankannya
Ilustrasi pelecehan seksual

Viral Fortuner Pelat Polri Ugal-ugalan, 2 Pemuda Tanggung Biadab Cekoki Lalu Perkosa Siswi SMP

Simak Round Up deretan artikel di kanal News VIVA menyedot perhatian pembaca sepanjang Selasa, 7 Mei 2024. Salah satu artikel viral Fortuner Pelat Polri yang ugal-ugalan

img_title
VIVA.co.id
8 Mei 2024