Malam Tahun Baru, "Busway Malam" di DKI Siap Layani 4 Rute

Perayaan Tahun Baru 2013 di Jakarta
Sumber :
  • VIVAnews/Ikhwan Yanuar

VIVAnews - Pemerintah Provinsi DKI Jakarta mengoperasikan angkutan malam hari (amari) di empat koridor busway dalam malam pergantian tahun, 31 Desember 2013 . Pergantian tahun akan digelar dengan meriah dengan tajuk Jakarta Night Festival (JNF).

Empat koridor busway yang akan beroperasi 24 jam adalah Koridor I (Blok M - Kota), Koridor II (Pulogadung - Harmoni), Koridor III (Harmoni - Kalideres) dan Koridor IX (Pluit - Pinang Ranti).

Kepala Dinas Perhubungan DKI Jakarta, Udar Pristono menuturkan, Amari akan beroperasi sejak pukul 23.00 WIB, hingga pukul 05.00 WIB. Angkutan reguler akan melanjutkan operasi siang hari.

"Amari untuk mengakomodir perjalanan pulang masyarakat setelah mengikuti JNF di sepanjang Jalan Sudirman-MH Thamrin," kata Pristono, saat dihubungi VIVAnews, Minggu, 29 Desember 2013.

Menurut Pristono, pengoperasian Amari dilakukan karena selama pelaksanaan JNF akan ada penutupan dan pengalihan arus lalu lintas di sejumlah titik untuk mengatasi kemacetan. Masyarakat yang tidak membawa kendaraan pribadi diharapkan tidak akan terkendala bila harus pulang malam.

"Itu kan banyak jalan yang ditutup jadi kalau pulang kami layani lagi dengan busway," kata Pristono.

Gegara Gurun Sahara, Langit Yunani jadi Oranye bak di Planet Mars

Pemendekan Rute

Meski empat koridor itu beroperasi selama 24 jam, tapi khusus untuk koridor I dan koridor II akan dibuat pemendekan rute karena disesuaikan dengan penyelenggaraan JNF di sepanjang Sudirman - Thamrin itu.
Koridor I (Blok M – Kota) sejak pukul  16.00 akan dipendekan hanya sampai Dukuh Atas.

"Koridor I ini berputar di BNI -  Dukuh Bawah – Landmark. Kemudian Rute Kota – Harmoni berputar di Pospol Harmoni," katanya.

Sementara Koridor II rute Pulogadung – Harmoni yang beroperasi 24 jam sejak pukul 18.00 WIB, akan dilakukan pengalihan melewati Halte Pecenongan – Halte Juanda – Halte Pasar Baru – Lapangan Banteng – Jalan Pejambon – Halte Kwitang dan seterusnya.

"Khusus yang menuju Pulogadung tidak melintasi Halte Monas – Balaikota – Gambir 1 dan Gambir 2. Kalau koridor III dan IX tetap seperti biasa," katanya.

Pristono mengimbau, apabila ada warga yang ingin merayakan tahun baru di Sudirman-Thamrin bisa memarkir kendaraannya di Lapangan IRTI Monas, silang Monas tenggara, silang Monas timur laut, Lapangan Banteng, Parkir Timur Senayan, dan area parkir Polda Metro Jaya, serta fasilitas parkir off street yang ada di sepanjang lokasi Jakarta Night Festival.

"Kami sudah minta pengelola gedung dan mall yang memiliki akses parkir di Sudirman - Thamrin supaya menginformasikan kepada pengunjung agar parkir sebelum pukul 19.00 WIB," katanya. (ren)

Isuzu Pamer Teaser V-Cross Facelift, Meluncur Sebentar Lagi
Wakil Ketua MPR RI Yandri Susanto.

Yakin Sudah Dipikirkan Prabowo, PAN Tak Khawatir jika Ada Partai Lain Gabung Koalisi

Wakil Ketua Umum PAN menyatakan pihaknya tak khawatir dan terganggu bila ada Parpol di luar koalisi pendukung Prabowo Subianto-Gibran Rakabuming Raka yang merapat.

img_title
VIVA.co.id
24 April 2024