Banjir Meluas, Ketinggian Air di Kalideres Capai 1 Meter

Jalan Otista Raya Lumpuh Terendam Banjir
Jalan Otista Raya Lumpuh Terendam Banjir
Sumber :
  • VIVAnews/Muhamad Solihin

VIVAnews - Hujan deras yang mendera Jakarta hingga Sabtu malam, 18 Januari 2014, mengakibatkan banjir di wilayah Kecamatan Kalideres, Jakarta Barat, meluas. Ketinggian air diperkirakan sudah mencapai 1 meter lebih.

Pantauan VIVAnews hingga malam ini banjir yang paling parah di wilayah ini terjadi di Kelurahan Tegalalur. Sebagian besar RW di kelurahan ini terendam air hingga 1 meter.

Akibatnya, ribuan warga kini terpaksa mengungsi ke sejumlah tempat yang lebih aman. Mereka mengungsi ke mushala, masjid dan tempat pengungsian sementara yang lebih tinggi.

Air mulai masuk rumah warga sekitar pukul dua pagi hari. "Sekarang tinggi air sudah mencapai 1 meter," kata Dimas, 35 tahun, warga Tegalalur.

Banjir di kawasan ini akibat luapan sungai yang melintasi Tegalalur ditambah juga banyaknya perumahan elit baru di kawasan ini. "Sejak banyaknya perumahan, lokasi ini jadi rawan banjir. Kami harus merasakan banjir setiap kali hujan besar," kata dia.

Kata dia, hampir seluruh RW di Tegalalur terendam banjir. Mulai dari RW 01, 03, 04, 05, 09, 011 dan 012.

Wilayah lain di Kalideres yang terendam banjir adalah Kelurahan Semanan. Ketinggian air di Kelurahan ini mencapai 70 cm hingga 1 meter. Banjir di Semanan akibat meluapnya Sungai Cisadane. (eh)