Wanita Hamil Jatuh, Polisi Razia Sepeda Motor di Layang Casablanca

Razia Pengendara Sepeda Motor Di JLNT Kasablanka
Sumber :
  • VIVAnews/Ikhwan Yanuar

VIVAnews - Petugas Subdit Penegakan Hukum Direktorat Lalu Lintas Polda Metro Jaya menggelar razia di sepanjang Jalan Layang Non Tol (JLNT) Kampung Melayu-Tanah Abang, Casablanca, Jakarta Selatan, Selasa 28 Januari 2014. Ratusan pengendara sepeda motor ditilang dalam penertiban ini.

Berdasarkan pantauan VIVAnews, operasi khusus ini ditujukan bagi kendaraan roda dua yang masuk jalan layang mulai dari Jalan Karet Bivak hingga keluar jalan layang di depan Puri Casablanca, tepatnya di Jalan Puri Casablanca, Menteng Pulo.

Dari ratusan kendaraan roda dua yang ditilang, salah satu pelanggar bernama Jaka (22), mengaku sengaja masuk ke JLNT lantaran jalur di bawah macet parah. Padahal, Jaka melihat rambu larangan roda dua melintas. "Saya lihat ada rambu, tapi motor lain juga ikut masuk," kata Jaka.

Jaka menyayangkan jalan layang yang diresmikan akhir tahun lalu itu hanya boleh dilintasi kendaraan roda empat saja. Dia menyarankan agar pihak berwenang memberikan waktu pada jam-jam tertentu agar motor dapat melintasi di sana.

"Sayang-sayang sudah dibuat, tapi digunakannya hanya untuk mobil. Padahal jalur di bawah jembatan ini macet sekali," kata Jaka.

Kasubdit Penegakan Hukum Ditlantas Polda Metro Jaya, Ajun Komisaris Besar Hindarsono, berjanji akan terus menggelar operasi terhadap kendaraan roda dua yang melintas di JLNT Casablanca.

"Untuk hari ini belum kami rekap, tapi pelanggar lebih ada ratusan pengendara sepeda motor yang ditindak," kata Hindarsono.

Uang damai

Operasi khusus pengendara roda dua ini bukan yang pertama kalinya. Jauh sebelum kecelakaan yang menimpa pasangan suami istri M Faisal dan Windawati, polisi sudah sering menggelar razia di sini.

Posko Mudik Perempuan Bisa Cek Kehamilan, Tekanan Darah Hingga Sedia Kondom! Catat Titiknya

Untuk diketahui, Windawati atau Wiwin meninggal dunia karena jatuh setelah sepeda motor yang dikendarai suaminya bertabrakan dengan mobil di jalan itu Senin malam.

Penertiban yang dimulai sejak pukul 10.00 pagi tadi hingga saat ini masih berlangsung. Petugas sudah dua kali berganti shift.

Namun, puluhan personel itu tak cukup untuk menghalau kendaraan roda dua yang melintas di jalan layang tersebut. Ada kendaraan yang justru tancap gas ketika diberhentikan oleh petugas di lapangan.

Untuk menghindar, ada pula pengendara motor yang sampai menabrak bagian belakang truk kontainer lalu terus melaju. Selain itu, ada pula pelanggar yang masih menyelipkan 'uang damai' agar tidak ditilang. (adi)

Kondisi Lalu Lintas malam Takbiran di Bundaran HI

Lalu Lintas Bundaran HI Padat di Malam Takbiran, Banyak Pemotor Tak Pakai Helm

Kondisi lalu lintas di Bundaran HI saat malam takbiran ini terpantau padat merayap, terlihat sejumlah kendaraan roda dua hingga mobil memadati badan jalan.

img_title
VIVA.co.id
9 April 2024