Jadi Plt Gubernur DKI Jakarta, Ahok Siapkan Program Prioritas

Gubernur DKI Jakarta Basuki Tjahaja Purnama (Ahok)
Gubernur DKI Jakarta Basuki Tjahaja Purnama (Ahok)
Sumber :
  • ANTARA/M Agung Rajasa

VIVAnews - Gubernur DKI Jakarta, Joko Widodo, mulai berkonsentrasi penuh sebagai calon presiden jelang Pilpres 9 Juli mendatang. Terhitung 1 Juni nanti, calon presiden dari PDIP itu akan cuti dan secara resmi berstatus sebagai gubernur DKI Jakarta non-aktif.

Selanjutnya pada 2 Juni nanti Wakil Gubernur Basuki Tjahaja Purnama akan menjadi Pelaksana Tugas (Plt.) Gubernur DKI, untuk sementara menggantikan Jokowi. Basuki akan mengerjakan tugas-tugas gubernur hingga masa cuti mantan wali kota Solo itu selesai pada 20 Oktober 2014.

Menyongsong jabatannya sebagai Plt, Ahok, sapaan akrab Basuki, mengaku sudah siap untuk mengerjakan tugas-tugas gubernur. "Ya sudah siap lah saya mengerjakan tugas-tugas Pak Jokowi. Sudah lama saya siap," ujarnya saat ditemui di Balai Kota Jakarta hari ini, Selasa 20 Mei 2014.

Mantan Bupati Belitung Timur ini juga sudah punya program pembenahan kota yang menjadi prioritas. Dia akan melanjutkan program yang sudah digagas Jokowi. Terutama penanganan macet dan banjir.

"Penataan Kampung Deret, rumah-rumah susun juga akan terus kita lakukan. Jalan-jalan inspeksi, dikebut. Kartu Jakarta Pintar (KJP) dan Kartu Jakarta Sehat (KJS) juga. Khusus KJS kami ingin semua warga Jakarta bisa masuk rumah sakit," kata dia. (ren)