Sebab Warga Jakarta Enggan Beralih ke Transportasi Umum

deretan angkutan umum di Terminal Pasar Senen
Sumber :
  • ANTARA FOTO/Andika Wahyu
VIVA.co.id
Hujan Guyur Jakarta Malam Ini, Kemacetan di Mana-mana
- Polda Metro Jaya mencatat jumlah angkutan umum roda empat atau lebih yang berusia di bawah 10 tahun di wilayah DKI Jakarta dan sekitarnya mencapai 45.844 armada.

Beberapa Ruas Jalan Jakarta Tergenang Air Usai Diguyur Hujan

Kabid Humas Polda Metro Jaya, Komisaris Besar Polisi Martinus Sitompol, mengatakan, dari jumlah tersebut, kendaraan ukuran besar yang paling mendominasi, jumlahnya mencapai 15.011 unit armada.
Ratusan Ribu Kendaraan Padati Tol Ciawi dan Merak


"Selain itu, kendaraan lainnya seperti 1.277 bus ukuran besar, 1.657 bus AKAP, 2.873 bus pariwisata, 3.084 bus ukuran sedang, 8.531 bajaj, 377 unit truk khusus, 529 truk ukuran sedang dan 7.209 taksi," ujar Martinus, Jumat 16 Januari 2015


Martinus menambahkan, menurut data dari Dinas Perhubungan (Dishub) DKI Jakarta, angkutan umum yang usianya lebih dari 10 tahun sebanyak 39.816 unit armada.


"Itu data hingga akhir 2014, dan jumlah 39.816 kendaraan umum ini masih beroperasi," katanya.


Dengan kondisi seperti itu, lanjut Martinus, dianggap menjadi salah satu penyebab banyaknya masyarakat yang enggan beralih menggunakan angkutan umum ketimbang kendaraan pribadi.


"Memang kalau dibandingkan dengan angkutan yang usianya di bawah 10 tahun, kendaraan usia di atas 10 tahun lebih sedikit. Tetapi prosentasenya tidak sebanding, sehingga perlu peremajaan," ujarnya


Dengan kondisi seperti itu, lanjut Martinus, bukan tidak mungkin jika kendaraan pribadi akan terus bertambah setiap tahunnya. Sehingga, polisi pun menyarankan Pemprov DKI sebelum diberlakukannya pembatasan kendaraan di atas usia 10 tahun, untuk terlebih meremajakan angkutan umum.
Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya