Ancam Keselamatan, Pohon Tua di Jakarta Akan Ditebangi

Pohon Tumbang di Pancoran
Sumber :
  • VIVAnews/Muhamad Solihin
VIVAcoid
Jumat Siang, Hujan Disertai Petir Guyur Pendemo 4 November
- Mendekati puncak musim hujan 2015, angin kencang dan hujan deras mulai rutin melanda wilayah Jakarta. Akibatnya, dalam beberapa hari ini, banyak sekali pohon-pohon tumbang.

Beberapa Ruas Jalan Jakarta Tergenang Air Usai Diguyur Hujan

Seperti yang terjadi  dekat Hotel Royal Kuningan, Jalan Rasuna Said Jakarta Selatan, siang tadi, Senin 19 Januari 2015 sebuah pohon tua tumbang dan menutupi ruas jalan karena tertiup angin kencang.
BMKG: Sebagian Besar Jabodetabek Berawan Hari Ini


"Posisi pohon tumbang melintang di jalan sehingga terjadi kemacetan," kata salah satu petugas Pusdalops BPBD DKI Jakarta.


Beruntung tidak ada korban jiwa akibat peristiwa tumbangnya pohon di Jalan Rasuna Said itu.


Menghadapi ancaman bahaya dari pohon-pohon di ibu kota, Dinas Pertamanan dan Pemakaman DKI Jakarta  akan segera mengantisipasinya dengan cara menebangi pohon tua yang tumbuh di wilayah rawan angin kencang.


"Kita sudah melakukan inspeksi dan akan segera melakukan penebangan pohon-pohon yang rawan tumbang," kata Kepala Dinas Pertamanan dan Pemakaman, Nandar Sunandar di Balaikota Jakarta.


Menurut Nandar terdapat ratusan pohon di Jakarta yang kini dalam kondisi rawan tumbang. Sebagian besar adalah pohon yang telah berusia tua.


"Hasil pemeriksaan kita, pohon tua sudah mengalami pengeroposan pada batang pohonnya sehingga rentan tumbang," paparnya.


Baca juga:



Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya