Batu Akik Bisa Jadi Souvenir Asian Games Jakarta

Batu akik.
Sumber :
  • Foto: Mohamad Akasah

VIVA.co.id - Wakil Gubernur DKI Jakarta, Djarot Saiful Hidajat, mengatakan pesta olahraga Asian Games, yang berlangsung tahun 2018 di Jakarta dan Palembang, bisa dimanfaatkan sebagai tempat promosi kekayaan batu di Indonesia. Dia menjelaskan, mulai saat ini para pengrajin batu akik akan dibina, sehingga nantinya batu mulia itu bisa dijadikan souvenir untuk para peserta Asian Games.

"Kita akan jadi tuan rumah Asian Games, ini kesempatan kita mengenalkan kekayaan alam Indonesia. Batu ini bisa dijadikan souvenir untuk peserta Asian Games, bisa jadi pilihan mereka juga," kata Djarot, pembukaan Festival Permata Nasional di Mangga Dua Square, Kamis 29 Januari 2015.

Menurutnya, batu akik di kalangan warga Indonesia sudah biasa ditemukan. Namun bagi wisatawan mancanegara, hal itu merupakan sesuatu yang baru. Sebab jarang ada negara yang memiliki jenis batu yang beraneragam.

"Ini momentum, untuk menumbuhkan industri kreatif pada bangsa kita. Kita jadikan Jakarta sebagai pusat industri kreatif terbaik. Ini harus kita lakukan sejak sekarang, karena pada 2018 ada 45 negara Asia datang ke Indonesia," ucapnya.

Dia menyebutkan, khusus di Jakarta telah memiliki pasar dengan tema batu akik yakni di Pasar Rawa Bening, Jakarta Timur. Namun tidak menutup kemungkinan juga industri kreatif itu muncul di wilayah lainnya. "Untuk memperkaya silahkan saja berkembang di wilayah. Misalnya di Jakarta Utara juga ada tidak apa-apa," katanya.

Agar dapat menarik wisatawan untuk membeli batu akik, kata Djarot, perlu di lengkapi dengan deskripsi yang jelas. Seperti jenis, asal, dan usia, karena biasanya usia batu bisa mencapai puluhan tahun.

3 Hewan Khas Indonesia Jadi Maskot Asian Games 2016

"Itu menjadi daya tarik tersendiri bagi wisatawan asing, karena ada deskripsi yang jelas," kata mantan Walikota Blitar itu.

Djarot pun mengaku memiliki beberapa koleksi batu akik. Pada kesempatan itu, dia juga mendapatkan beberapa souvenir batu akik. Setidaknya ada tiga batu yang diterimanya, dari tiga daerah yang berbeda. (ren)

Baca juga:

Sepakbola di Asian Games 2018, Dipertandingkan atau Tidak?
Batu Akik Souvenir PON XIX Tahun 2016

Garut Siap Kirim Ribuan Akik untuk Cenderamata PON Jabar

Untuk cenderamata peraih medali emas di PON XIX.

img_title
VIVA.co.id
11 Agustus 2016