Ketika Banjir 1 Februari Lumpuhkan Jakarta, 80 Orang Tewas

Banjir di Bukit Duri
Sumber :
  • ANTARA FOTO/OJT/Dolly Rosana
VIVA.co.id -
Kerusakan di Daerah Aliran Sungai Kian Parah
Rintik hujan belum juga reda dari langit Jakarta. Hingga Minggu pagi 1 Februari 2015, gerimis dan mendung masih menggelayuti langit Ibu Kota.

Beberapa Ruas Jalan Jakarta Tergenang Air Usai Diguyur Hujan

Kondisi ini memantik ingatan warga Jakarta akan banjir yang menerjang pada delapan tahun silam. Tepat 1 Februari 2007, Ibu Kota lumpuh akibat banjir. Gara-garanya, hujan yang mengguyur sepanjang malam. Ditambah, meningkatnya volume air di 13 aliran sungai yang melintas di Jakarta.
Katulampa Siaga I, Jakarta Tak Akan Diterjang Banjir Besar


Sudah begitu, menurut pantauan di 11 pos pengamatan hujan milik Badan Meteorologi dan Geofisika (BMG) menunjukkan, hujan yang terjadi pada 2 Februari, rata-rata mencapai 235 mm. Jadilah Jakarta dikepung air selama sepekan lebih, kala itu.


Banjir 2007 itu lebih luas dan lebih banyak memakan korban manusia dibandingkan bencana serupa yang melanda pada tahun 2002 dan 1996. Sedikitnya 80 orang dinyatakan tewas selama banjir 10 hari karena terseret arus, tersengat listrik, atau sakit.


Kerugian material akibat lumpuhnya perputaran bisnis diperkirakan Rp4,3 triliun. Warga yang mengungsi diprediksi mencapai 320.000 orang. Semoga bencana itu tak terulang di Februari ini.


Baca juga:


Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya