Orang Tua Murid yang Diskors Adukan Kepala Sekolah ke Polisi

Ilustrasi kekerasan atau bully
Sumber :
  • iStock
VIVA.co.id
INFOGRAFIK: Sekolah Petani
- Tak terima anaknya diberikan hukuman skorsing oleh pihak sekolah, salah satu orang tua siswa SMAN 3 Setiabudi, Jakarta Selatan, melaporkan RL, Kepala Sekolah SMAN 3 Setiabudi, ke Polda Metro Jaya.

Menggapai Asa dari Balik Bukit

Laporan itu dibuat orang tua siswa karena RL diduga telah melakukan tindakan diskriminatif atas memutuskan hukuman skorsing tersebut.
Menggali Ilmu di Sawah


Kabid Humas Polda Metro Jaya, Komisaris Besar Polisi Martinus Sitompul, mengatakan, hukuman skorsing itu dilakukan pihak sekolah lantaran keenam muridnya yang berinisial HJ, A,PRA, AEM, MRPA, dan PC telah melakukan aksi pengeroyokan terhadap E (32).


"E diduga telah melakukan pelecehan seksual terhadap HJ. Tak terima temannya dilecehkan, teman-teman HJ kemudian memukuli E," ujar Martinus di Mapolda Metro Jaya, Jumat, 6 Februari 2015


Buntut dari kejadian tersebut, kata Martinus, E yang diketahui sebagai alumni sekolah itu melaporkan ke kepala sekolah. "Kemudian kepala sekolah RL malah melakukan hukuman skorsing kepada enam muridnya tersebut," katanya.


Martinus melanjutkan, hukuman skorsing itu berupa 39 hari tidak boleh sekolah. Hal itu yang membuat para murid merasa dirugikan mengingat sebentar lagi akan Ujian Nasional.


"Hal ini, berakibat para korban mengalami kerugian materil maupun nonmateril yang menghambat fungsi sosialnya," ujarnya.


Atas kejadian itu, akhirnya salah satu orang tua murid yang terkena hukuman skorsing, Frans Paulus, akhirnya membuat laporan dugaan tindak diskriminasi terhadap anak yang dilakukan RL pada 4 Februari 2015. RL dijerat Pasal 77 Juncto Pasal 76 A huruf a Undang-Undang RI Nomor 35 tahun 2014. (ren)



Baca berita lain:




Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya