9.000 Pengungsi Banjir Jakarta Kembali ke Rumah

Pengungsi Banjir di Halte Busway
Sumber :
  • VIVAnews/Amal Nur Ngazis

VIVA.co.id - Kepala Pusat Data dan Informasi Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) DKI Jakarta, Bambang Surya Putra mengatakan cuaca baik, sejak siang hingga malam membuat genangan di sekitar Jakarta mulai surut.

Beberapa Ruas Jalan Jakarta Tergenang Air Usai Diguyur Hujan

Selain itu, para pengungsi mulai kembali ke rumah mereka. "Warga di daerah pengungsian sudah kembali ke rumah masing-masing. Total sudah ada 9.000 pengungsi yang kembali hingga sore tadi," kata Bambang saat dihubungi, Selasa 10 Februari 2015.

Meski warga telah kembali secara bertahap, BPBD masih terus melakukan pemantauan dan menyiagakan pos pengungsian. Ini dilakukan sebagai antisipasi bila banjir kembali menerjang. Tempat pengungsian warga dengan fasilitasnya sudah siap menampung warga.

Bambang mengakui pihaknya sempat kaget dengan peristiwa hujan sejak hari Minggu malam hingga Selasa dini hari. Menurut dia, hujan yang mengguyur ibu kota merupakan hujan lokal, di mana BPBD belum mempunyai kemampuan mumpuni untuk peringatan dini.

Di mana kondisi sungai-sungai di sekitar Jakarta relatif normal. Meski sempat terkejut, menurut dia, Gubernur DKI langsung mengambil langkah. Berdasarkan Instruksi Gubernur No 53, semua pihak mendekatkan diri ke daerah genangan.

"Atas kejadian kemarin, kami akan evaluasi dalam 2-3 hari ke depan," katanya. (art)

Sungai Ciliwung

Kerusakan di Daerah Aliran Sungai Kian Parah

Banyak yang sudah alih fungsi lahan.

img_title
VIVA.co.id
4 November 2016