BMKG: Puncak Musim Hujan Jakarta Telah Berlalu

Diguyur Hujan
Sumber :
  • VIVAnews/Muhamad Solihin
VIVA.co.id -
Kerusakan di Daerah Aliran Sungai Kian Parah
Kabar gembira bagi warga Ibukota Jakarta dan sekitarnya, ternyata puncak musim hujan tahun 2015 sudah berlalu. Berlalunya puncak musim hujan diungkapkan Kepala Bidang Informasi Badan Meteorologi dan Geofisika (BMKG) Fachri Radjab dalam perbincangan dengan
tvOne
Langit Jabodetabek Berawan Minggu Pagi Ini
, Rabu 11 Februari 2015.
Malam Hari Ini Jakarta Diguyur Hujan

"Dari sisi jumlah curah hujan, dugaan kami tanggal 9 Februari 2015 lalu adalah puncak musim hujan," kata Fachri Radjab.


Fachri Radjab menjelaskan, sebelumnya BMKG sudah memprediksikan bahwa puncak musim hujan akan terjadi di antara 10 hari terakhir di bulan Januari 2015 hingga 10 hari pertama di bulan Februari 2015.


Meski puncak musim hujan telah berlalu, bukan berarti hujan bakal berhenti mengguyur Jakarta dan sekitarnya.


"Hujan akan tetap mengguyur meski intensitas curahnya berkurang dan durasinya semakin pendek," kata Fachri Radjab.


Warga Jakarta dan sekitarnya juga harus mewaspadai datangnya cuaca ekstrem yang mungkin kondisinya lebih menakutkan dari musim hujan.


Sebab, saat cuaca ekstrem berlangsung, hujan mengguyur disertai dengan petir atau kilat dan angin kencang alias puting beliung.


Ancaman cuaca ekstrem sebenarnya baru bakal terjadi di masa transisi iklim dan cuaca. Masa transisi itu diperkirakan berlangsung sekitar bulan April 2015 tepatnya di awal bulan.


"Masa transisi yang dimaksud adalah masa di mana terjadi perpindahan musim dari musim penghujan ke musim kamarau," kata Kepala Bidang Peringatan Dini Cuaca BMKG, Kukuh Ribudianto.


Angin kencang yang terjadi di masa transisi dapat menciptakan pertumbuhan awan-awan Cumulonimbus (CB). Awan ini adalah awan berbahaya yang selalu menjadi musuh utama dan paling ditakuti pilot pesawat terbang. (ren)

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya