Tanggul Kali Sunter Kelar, Kelapa Gading Aman

Genangan air di Kelapa Gading, Jakarta Utara.
Sumber :
  • Twitter

VIVA.co.id - Kepala Balai Besar Wilayah Sungai Ciliwung Cisadane (BBWSCC) Tubagus Iskandar mengatakan, pembangunan tanggul Kali Sunter, Jakarta Utara akan selesai Sabtu, 14 Februari 2015. Ia berharap, tanggul ini dapat mencegah meluapnya air sungai yang kerap menyebabkan banjir di Kelapa Gading dan sekitarnya.

Beberapa Ruas Jalan Jakarta Tergenang Air Usai Diguyur Hujan

"Kami harapkan bisa selesai Sabtu depan, ini total ada 1.800 meter yang sudah selesai 400 meter," ujar Tubagus saat menemani Gubernur DKI Jakarta, Basuki Tjahaja Purnama (Ahok) meninjau pembangunan tanggul Kali Sunter, Jakarta Utara, Kamis, 12 Februari 2015.

Ia mengatakan, pembangunan tanggul tersebut sedikit terkendala karena di  beberapa lokasi lahannya terbatas. Iskandar berharap, tanggul tersebut akan dapat menampung debit air cukup banyak.

Katulampa Siaga I, Jakarta Tak Akan Diterjang Banjir Besar

"Semoga tidak memiliki dampak yang lebih besar. Kemarin itu sampai 367 mm curah hujan itu sebenarnya volume hujan untuk satu bulanan. Jadi, pada saat itu turun dalam satu hari. Kira-kira gambarannya seperti itu," kata dia.

Sebelumnya, Ahok meninjau langsung pengerjaan tanggul di Kali Sunter. Belum selesainya pembangunan tanggul ini diduga ikut menyebabkan banjir di daerah Kelapa Gading. (art)

Ade Alfath Azmi

Siap-siap Jakarta Banjir

Baca juga:

Sungai Ciliwung

Kerusakan di Daerah Aliran Sungai Kian Parah

Banyak yang sudah alih fungsi lahan.

img_title
VIVA.co.id
4 November 2016