63 CCTV di Jakarta Rusak, Macet Tak Terpantau

Ilustrasi macet Jakarta.
Sumber :
  • VIVA.co.id/Ahmad Rizaluddin

VIVA.co.id - Kepala Urusan Teknologi dan Informasi TMC, Direktorat Lalu Lintas Polda Metro Jaya, Ajun Komisaris Budi Harsono, mengatakan ada 63 CCTV milik Pemerintah Provinsi DKI Jakarta yang tidak berfungsi dengan baik.

Ini mengakibatkan sulitnya mengetahui lokasi kemacetan di Jakarta. "Kami tidak bisa mengaksesnya, menurut informasi memang rusak sehingga tidak ada koneksi sinyal ke tiap-tiap CCTV," ujar Budi di Jakarta, akhir pekan ini.

Dia mengatakan, biasanya petugas Traffic Management Center (TMC) bisa memantau jalan dari 63 CCTV yang tersebar di seluruh wilayah Jakarta. "Sudah dua minggu ini tidak bisa koneksi dengan 63 kamera CCTV milik Pemprov DKI," katanya.

Beberapa Ruas Jalan Jakarta Tergenang Air Usai Diguyur Hujan

Namun, hal tersebut tidak menjadi masalah sebab TMC memiliki koneksi dengan kamera CCTV milik Korlantas Mabes Polri yang berjumlah 59 unit di DKI Jakarta. Saat ini, Korlantas Mabes Polri memiliki 180 kamera CCTV. Tersebar DKI, Jawa Barat, Jawa Tengah, dan Jawa Timur.

Di Jakarta ada 59 unit, lalu Jabar sebanyak 64 unit. Kemudian Jateng 33 kamera, dan Jatim sebanyak 24 kamera. "Dari CCTV ini kami juga bisa memantau kemacetan sehingga penempatan personel bisa lebih tepat," kata dia. (art)

Macet

Hujan Guyur Jakarta Malam Ini, Kemacetan di Mana-mana

Genangan air dan banjir juga terlihat. Semakin menyebabkan macet.

img_title
VIVA.co.id
29 Juli 2016