Banjir Surut, Listrik Seluruh Jakarta Kembali Nyala

Instalasi Listrik Industri
Sumber :
  • VIVAnews/Muhamad Solihin

VIVA.co.id - PT PLN (Persero) menyalakan kembali gardu-gardu listrik yang terendam banjir di Jakarta dan sekitarnya. Terhitung hari ini, Senin 16 Februari 2015, seluruh gardu distribusi listrik siap beroperasi kembali.

Manajer Bidang Komunikasi Hukum dan Administrasi PLN Distribusi Jakarta Raya dan Tangerang Koesdianto mengatakan, genangan air yang sempat tinggi di beberapa titik di Jakarta dan sekitarnya telah menyusut. Keadaan ini membuat BUMN setrum ini mengoperasikan kembali gardu distribusi listrik dan siap untuk mengalirkan listrik kepada pelanggan.

"626 Gardu distribusi yang dipadamkan akibat banjir mencapai titik tertinggi pada Senin, 9 Februari," kata Koesdianto, dalam keterangannya.

Gardu terakhir yang dinyalakan, kata dia, adalah gardu yang memasok Kawasan Berikat Nusantara. Di sisi PLN, gardu tersebut sudah dibersihkan dan siap untuk diberi tegangan.

"Namun, pelanggan meminta agar listrik tetap dipadamkan karena air masih menggenangi kawasan tersebut. Pelanggan sadar sepenuhnya bahwa air adalah konduktor yang dapat menghantarkan aliran listrik sehingga sangat berbahaya bagi keselamatan manusia," kata dia.

Koesdianto menambahkan bahwa antisipasi bahaya banjir itu dilakukan dengan meninggikan sebagian gardu distribusi dan ini membantu PLN dalam pengamanan instalasi. Perusahaan pelat merah ini tetap mematikan aliran listrik di wilayah tergenang meskipun gardu distribusi tidak terkena banjir.

"Tidak menutup kemungkinan PLN akan memutus aliran listrik kembali apabila curah hujan tinggi dan mengakibatkan tingginya genangan dengan kriteria yaitu, perumahan warga tergenang, gardu distribusi tergenang, perumahan dan gardu distribusi tergenang, serta gardu induk tergenang," kata dia.

Beberapa Ruas Jalan Jakarta Tergenang Air Usai Diguyur Hujan

Baca berita terhangat lainnya:

Katulampa Siaga I, Jakarta Tak Akan Diterjang Banjir Besar

Siap-siap Jakarta Banjir
Sungai Ciliwung

Kerusakan di Daerah Aliran Sungai Kian Parah

Banyak yang sudah alih fungsi lahan.

img_title
VIVA.co.id
4 November 2016