Fraksi PDIP Kompak Usung Hak Angket Ahok

Plt Gubernur DKI Jakarta Basuki Tjahaja Purnama
Sumber :
  • ANTARA FOTO/Wahyu Putro A

VIVA.co.id - Ketua Fraksi PDIP di DPRD DKI Jakarta, Johnny Simanjuntak, mengatakan, seluruh anggotanya di parlemen daerah sudah menandatangani hak angket yang dilayangkan untuk Gubernur DKI Jakarta, Basuki Tjahaja Purnama alias Ahok.

"Kita sudah tanda tangan semuanya. Jumlah kami di DPRD 28 orang yang terbesar," ujar Johnny Simanjuntak saat dihubungi, Kamis 26 Februari 2015.

Menurut Jhonny, saat ini sudah ada 102 dari 106 anggota dewan menandatangani persetujuan hak angket.

Johnny menambahkan, fraksi kedua terbesar di DPRD DKI yakni Gerindra juga sudah satu suara menggulirkan hak angket. Jumlah kursi partai besutan Prabowo Subianto ini berjumlah 15, disusul oleh PKS, PPP dan Demokrat.

Empat anggota DPRD yang belum menandatangani hak angket, sambung Johnny, dikarenakan masih mengerjakan tugas DPRD dan berada di luar daerah. Salah satunya dari Fraksi Hanura yang sedang bertugas ke daerah lain.

"Gerindra sudah semuanya tanda tangan (hak angket), salah satu yang belum tanda tangan dari Fraksi Hanura, karena sedang dalam tugas kedewanan di Papua," tutup Johnny. Rapat paripurna hak angket, sedianya digelar pukul 14.00 WIB.

DPRD DKI terpaksa menggunakan hak angket untuk menyelesaikan kisruh rancangan APBD DKI 2015 setelah ada ketidaksesuaian isi draf APBD yang diajukan Pemprov DKI ke Kemendagri dengan isi draf hasil kesepakatan bersama DPRD.

Jika nantinya hak angkwt digunakan, maka secara otomatis Ahok telah dimakzulkan untuk proses penyelidikan oleh DPRD. (one)

Kapolda Metro Minta Ahok Keluarkan Pergub CCTV

Baca juga:

Gubernur DKI Jakarta Basuki Tjahja Purnama (Ahok).

Ahok Pastikan Diri Maju di Pilgub DKI 2017

Ahok merasa belum puas dengan masa kepemimpinannya saat ini.

img_title
VIVA.co.id
15 Agustus 2015