Ahok: APBD 2014 Juga Disusupi Dana Siluman Rp330 Miliar

Basuki Tjahaja Purnama
Sumber :

VIVA.co.id - Gubernur DKI Jakarta, Basuki Tjahaja Purnama, mengungkapkan, Pemprov sempat kecolongan dengan masuknya anggaran siluman yang besarnya mencapai Rp330 miliar ke Anggaran Pendapatan dan Belanja Daerah (APBD) DKI Jakarta tahun 2014.

Ahok, sapaan akrab Basuki, mengatakan, pada tahun lalu anggaran siluman itu juga diperuntukkan bagi pembelian perangkat-perangkat Uninterruptible Power Supply (UPS).

"Itu temuan dari Inspektorat Kemendagri. Dananya tidak pernah dibahas, tetapi tiba-tiba muncul," ujar Ahok di Balai Kota DKI Jakarta, Kamis, 26 Februari 2015.

Dana Rp330 miliar, kata Ahok, ditujukan untuk pembelian sebanyak 55 unit UPS untuk disimpan di beberapa SMU dan SMK di Jakarta. Dana yang dianggarkan untuk pembelian setiap unitnya adalah Rp6 miliar.

Selain itu, Ahok mengatakan, APBD DKI tahun 2014 juga disisipi oleh berbagai anggaran siluman lainnya, seperti pekerjaan pembuatan software yang nilainya mencapai Rp5 hingga Rp6 miliar.

Kendaraan yang Lintasi Medan Merdeka Mulai Dialihkan

Temuan anggaran siluman itu, kata Ahok, sebenarnya pernah dikemukakan juga oleh mantan kepala Badan Pengawasan Keuangan dan Pembangunan (BPKP) Mardiasmo, yang saat ini telah menduduki jabatan sebagai wakil menteri keuangan RI, yang pada 6 November 2014 mendatangi Balai Kota DKI.

BPKP pada waktu itu menyampaikan temuan anggaran siluman di APBD DKI 2014 mencapai Rp3,518 triliun. "Dulu Pak Mardiasmo pernah sampaikan. Sekarang rupanya mau masuk lagi (anggaran-anggaran siluman), lebih gede lagi," kata Ahok.

Ahok mengatakan, masuknya anggaran siluman ke APBD DKI, memang sudah menjadi kebiasaan tahunan juga di lingkungan Pemerintah Provinsi DKI Jakarta. Untuk itu, dia mulai mendorong diterapkannya sistem penganggaran elektronik e-budgeting sejak 2013 yang penerapannya secara penuh baru bisa dilaksanakan pada 2014 untuk penyusunan APBD 2015.

"Saya itu ingin ada budaya penganggaran yang transparan," ujar Ahok.

Baca juga:

Massa Demo dari Bekasi dan Tangerang Mulai Berdatangan
Posko logistik demo 4 November

Ini Lokasi Posko Makanan, Minuman dan Medis untuk Pendemo

Ada empat posko yang disiapkan.

img_title
VIVA.co.id
4 November 2016