Begini Gaya Ahok Bonceng Dubes Denmark di Balai Kota

Ahok bersama Dubes Denmark Casper Klynge
Sumber :
  • VIVA.co.id/ Fajar GM
VIVA.co.id
Ini Lokasi Posko Makanan, Minuman dan Medis untuk Pendemo
- Satu pasukan bersepeda menyerbu pendopo Balai Kota DKI Jakarta, pagi ini. Mereka terdiri dari komunitas Bike2Work Indonesia, serta rombongan dari Kedutaan Besar Denmark dan Kedutaan Besar Norwegia untuk Indonesia.

Kendaraan yang Lintasi Medan Merdeka Mulai Dialihkan

Kedatangan mereka adalah untuk menemui Gubernur DKI Jakarta, Basuki Tjahaja Purnama. Ahok, sapaan akrab Basuki, sebenarnya tiba terlebih dahulu dari mereka. Saat Ahok hendak masuk ke ruangan kerjanya, tiba-tiba puluhan sepeda roda dua dan sebuah sepeda roda tiga bergerobak yang disebut sebagai sepeda khas negeri Denmark masuk ke kompleks Balai Kota DKI dari arah Jalan Medan Merdeka Selatan.
Massa Demo dari Bekasi dan Tangerang Mulai Berdatangan


Melihat pemandangan itu, Ahok bergegas kembali ke pelataran Balai Kota untuk menyambut mereka. Duta Besar Denmark untuk Indonesia, Casper Klynge, yang memimpin rombongan itu dengan sepeda roda tiga bergerobaknya menyalami Ahok.


Ahok tampak heran melihat sepeda roda tiga yang ditumpangi Casper. Tanpa banyak bicara, Ahok segera menaiki sadel sepeda roda tiga tersebut. Ia ingin mengendarainya. Namun, tanpa disangka, Casper rupanya juga bergegas naik ke gerobak yang ada di bagian depan sepeda itu.


Sebelumnya, ia sempat memakaikan helm khas suku Viking ke kepala Ahok. Jadilah Ahok, dengan mengenakan pakaian sadariah khas Betawi, namun juga memakai helm tradisional bangsa Skandinavia membonceng Casper mengitari halaman kompleks Balai Kota.


Setelah itu, Casper yang gantian membonceng Ahok mengitari kembali halaman kompleks Balai Kota. Aksi mereka membuat para PNS yang tengah berolahraga pagi tertawa. Mereka menghentikan aktivitasnya dan mengambil foto aksi unik yang dilakukan Ahok dan Dubes Denmark itu.


Kepada Ahok, Casper menyampaikan bahwa budaya bersepeda di Denmark sudah sangat mengakar di masyarakatnya. Para ibu di sana, kata Casper, setiap pagi mengantarkan anak-anaknya untuk pergi ke sekolah dengan menggunakan sepeda roda tiga bergerobak seperti yang baru dikendarai oleh Ahok. Ahok terlihat terkejut mengetahui hal itu.


"Coba bandingin sama kita. Ini negara maju kaya (Denmark), anak-anak sekolahnya diantar pakai sepeda model begini. Tapi, kalau kita, di perumahan, macet tiap pagi gara-gara ibu-ibu semua nganterin anaknya pergi ke sekolah pakai mobil satu-satu," ujar Ahok, Jum'at, 20 Maret 2015.


Ahok mengatakan juga ingin mencoba untuk menerapkan budaya sehat seperti itu kepada warga Jakarta. Namun, ia mengaku bingung karena warga ibukota menurutnya sudah sangat terbiasa menggunakan kendaraan bermotor pribadi untuk pergi ke manapun.


"Mungkin saya bilang aja ya ke ibu-ibu, kalau mereka nganter anaknya pakai ini (sepeda) ke sekolah, perut mereka dijamin slim. Kenceng terus," ujar Ahok berkelakar.


Turut juga dalam rombongan bersepeda ini, Duta Besar Norwegia untuk Indonesia, Stig Traavik. Mereka bermaksud untuk mengkampanyekan gerakan
Bike to Work
atau mengendarai sepeda untuk berangkat ke tempat kerja. (one)

![vivamore="
Baca Juga
:"]

[/vivamore]
Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya