Datangi Balai Kota, Airin Tagih Janji Ahok

Wali Kota Tangerang Selatan, Airin Rachmi Diany
Sumber :
  • VIVA.co.id/ Fajar Ginanjar Mukti

VIVA.co.id - Wali Kota Tangerang Selatan, Airin Rachmi Diany menyambangi Balai Kota DKI Jakarta hari ini, Kamis, 26 Maret 2015. Kedatangan Airin untuk menanyakan perihal dana hibah yang pernah dijanjikan Pemerintah Provinsi DKI Jakarta kepada Pemerintah Kota Tangsel.

Ricuh di Unjuk Rasa Pilkada Tangerang Selatan

Airin mengatakan, pada tahun 2014, Pemkot Tangsel mengajukan proposal permintaan dana hibah sebesar Rp74,8 miliar kepada DKI. Dari situ, Rp64,8 miliar dari total dana itu, akan digunakan untuk merevitalisasi Terminal Pondok Cabe, Pamulang. Sedangkan sisanya, akan dipergunakan untuk proyek penanganan musibah banjir di kotanya.

"Kami berterimakasih telah diterima oleh bapak gubernur dan Pak Heru (Kepala BPKAD DKI Heru Budihartono). Kami mempertanyakan tentang kelanjutan rencana pemberian dana bantuan untuk Kota Tangsel," ujar Airin di Balai Kota DKI, Kamis, 26 Maret 2015.

Dituding Ikut Kampanye Airin, Ini Pembelaan Pejabat KPK

Revitalisasi Terminal Pondok Cabe, kata Airin, sudah mendesak untuk dilakukan. Pasalnya, terminal yang terletak di Kecamatan Pamulang itu saat ini sudah difungsikan sebagai terminal pengganti bagi Terminal Lebak Bulus, Jakarta Selatan, yang saat ini dihentikan operasionalnya oleh Pemprov DKI karena adanya pembangunan moda transportasi MRT.

Airin mengatakan, beban Terminal Pondok Cabe sekarang menjadi begitu besar karena juga harus melayani limpahan bus Antar Kota Antar Provinsi yang sebelumnya beroperasi di Terminal Lebak Bulus.

Disebut Terima Rp11 M dari Suami Airin, Rano Karno: Enggak

"Harapan kami ke sini adalah untuk memastikan apakah bantuan keuangan itu ada dan tidak ada masalah yang mengganjalnya," ujar Airin dengan merujuk kepada kisruh APBD yang saat ini tengah dialami Pemprov DKI.

Airin mengatakan, Gubernur DKI Jakarta, Basuki Tjahaja Purnama memastikan dana hibah tersebut tetap jadi diberikan. Ahok, sapaan akrab Basuki, dikatakan oleh Airin akan segera mengirimkan Surat Gubernur secara resmi kepada Pemkot Tangsel. Surat itu, akan dijadikan oleh Pemkot Tangsel sebagai dasar untuk memasukkan dana hibah tersebut ke rincian APBDP Kota Tangsel yang akan disusun di pertengahan tahun.

Dana itu akan diberikan oleh Pemprov DKI dari APBD DKI tahun 2015 yang saat ini disusun oleh Pemprov DKI dengan menggunakan pagu anggaran 2014. "Pak Gubernur sampaikan dana itu akan dimasukkan ke KUA-PPAS (Kebijakan Umum Anggaran Prioritas - Plafon Anggaran Sementara) sebagai bantuan keuangan," ujar Airin.

Usai turunnya dana itu, Pemkot Tangsel akan segera melakukan tender untuk menentukan perusahaan yang akan melakukan pekerjaan revitalisasi. Terminal Pondok Cabe, kata Airin, ditargetkan untuk bisa beroperasi secara penuh dan efektif pada tahun 2016. "Terminal Pondok Cabe ini peralihan dari Terminal Lebak Bulus. Nanti terlintasi juga Jalan Tol Cinere. Sehingga tidak hanya melayani bus antar kota saja, tetapi juga antar provinsi."

![vivamore="Baca Juga :"]

[/vivamore]
Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya