PT TransJakarta Temukan Penyebab Utama Kebakaran Busway

TransJakarta terbakar
Sumber :
  • TMC Polda Metro Jaya/@yesmagi
VIVA.co.id
Bus Transjakarta Terbakar di Kemayoran
- Direktur Utama PT. Transportasi Jakarta, AN Kosasih, menemukan penyebab terbakarnya Bus Transjakarta jenis ZhongTong, yang terjadi di Jalan Gatot Subroto, Jakarta Selatan, 8 Maret lalu. Ini dikaitkan dengan banjir di Ibu Kota.

TransJakarta Hentikan Operasi Bus Abu-abu Koridor 4 dan 6

"Ada salah satu komponen kecil yang seharusnya berputar, namun macet dan tidak bergerak. Diduga karena dampak terendam banjir," jelas Kosasih, Jumat 27 Maret 2015.
Lapor soal Layanan TransJakarta, Ahok Akan Beri Hadiah


Komponen kecil itu tidak berfungsi terjadi gesekan dengan tali pemutar mesin sehingga menimbilkan percikan api yang kemudian membesar.


Kosasih mengatakan, produsen bus ZhongTong telah mengganti komponen yang rusakĀ  dan beberapa item lainnya yang terindikasi terkena dampak api dan panas.


"Pihak ZhongTong sudah melakukan tes statis ke semua bus untuk mengecek apakah ditemukan lagi masalah serupa. Hari ini dilakukan tes dinamis, bus yang kemarin terbakar itu dijalankan di koridor 9 tapi tidak dimuati penumpang, melainkan diisi beban yang bobotnya sama dengan penumpang,"ujar Kosasih.


Ia menambahkan jika bus tersebut lulus uji dinamis, maka selanjutkan akan dilakukan validasi seluruh armada bus.


Agen Pemegang Merek (APM) ZhongTong akan menandatangani akta notaris Pernyataan Jaminan Keamanan Kendaraan yang menjamin bahwa seluruh bus dimaksud layak dan aman untuk dioperasikan. APM bersedia bertanggung jawab sepenuhnya jika terjadi hal-hal yang tidak diinginkan yang disebabkan masalah teknis.



Rebecca Reifi Georgina - Jakarta

![vivamore="
Baca Juga
:"]





[/vivamore]

(ren)

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya