Jakarta Bakal Gelap Selama Satu Jam Malam Ini

Solidaritas Yordania Terhadap Warga Jepang yang Dibunuh ISIS
Sumber :
  • REUTERS/Muhammad Hamed

VIVA.co.id - Kampanye pemadaman listrik alias Earth Hour selama 60 menit (1 jam) akan dilakukan malam ini, Sabtu 28 Maret 2015. Dijadwalkan, pemadaman serentak akan dilakukan pada pukul 20.30 WIB hingga 21.30 WIB.

Dengan adanya kampanye tersebut, siapa saja warga Jakarta yang ingin berpartisipasi bisa ikut memadamkan listrik baik di rumah, tempat usaha, dan sebagainya.

Sebelumnya, menurut Kepala Dinas Perindustrian dan Energi DKI Jakarta, Haris Prindatno, pemilihan hari Sabtu ditempuh agar tidak mengganggu aktivitas masyarakat di hari kerja.

“Ini salah satu bentuk kepedulian Pemda, Pak Gubernur yang mempelopori dan mengajak kita semua untuk ikut serta dalam kegiatan ini,” ujarnya di Balai Kota, Rabu 25 Maret 2015 lalu.

Menurut rencana, pemadaman ini diprioritaskan di seluruh gedung pemerintahan dan di sejumlah titik tertentu yang tidak ramai oleh aktivitas publik. Pemadaman juga akan dilakukan di sejumlah ruas jalan layang yang sedikit arus lalu lintasnya.

“Nanti listrik yang ada di jalan-jalan layang yang tidak ramai juga akan kita matikan semua,” kata Haris.

Sekadar diketahui, program yang digagas oleh World Wide Fund for Nature (WWF) ini sudah berlangsung sejak tahun 2007 silam.

“Tahun ini, Earth Hour kembali mengajak masyarakat untuk berpartisipasi melanjutkan gaya hidup ramah lingkungan,” ujar Direktur Komunikasi dan Advokasi WWF-Indonesia, Nyoman Iswarayoga.

Earth Hour adalah pengingat untuk selalu memperbarui komitmen kita untuk perubahan yang bisa kita lakukan dalam mengurangi dampak perubahan iklim. Kita hanya bisa melakukannya jika secara bersama-sama dan terus-menerus,” lanjutnya.

Earth Hour, Pusat Kota Semarang Gelap

![vivamore="Baca Juga :"]

Tak Perlu Earth Hour, di Kalbar Sudah Sering Mati Listrik
[/vivamore]
Masyarakat Semarang berkumpul di Lawang Sewu saat Earth Hour

Earth Hour, Lawang Sewu Semarang Makin 'Seram'

Tepat pukul 21.30 WIB, lampu di kawasan itu padam.

img_title
VIVA.co.id
20 Maret 2016