Misteri Kuburan Untung Surapati

Makam Untung Surapati di Pasusuran
Sumber :
  • VIVA.co.id/Dody Handoko
VIVA.co.id
Kisah Pelukis Arwah Si Manis Jembatan Ancol
- Hari-hari terakhir kehidupan Untung Surapati dihabiskan di Pasuruan, Jawa Timur, bersama istrinya Gusik Kusumo. Ia tercatat sebagai Bupati Pasuruan. Untung  berkuasa di Pasuruan dengan gelar Raden Adipati Wironegoro. Selama 20 tahun pemerintahan Surapati (1686-1706) dipenuhi dengan pertempuran-pertempuran melawan tentara Kompeni Belanda.

Cerita Bung Karno Jadi Model Patung Bundaran HI

Namun VOC masih mengincar dirinya karena dianggap membangkang. Pada September 1706 gabungan pasukan VOC, Kartasura, Madura, dan Surabaya dipimpin Mayor Goovert Knole menyerbu Pasuruan.
Pria Ini Sampaikan Kemerdekaan Indonesia ke Dunia


Pertempuran di Benteng Bangil akhirnya menewaskan Untung Surapati. Sebelum meninggal, Untung berwasiat agar kematiannya serta makamnya dirahasiakan. Selanjutnya, perjuangan diteruskan oleh putra-putranya dengan membawa tandu yang berisi Untung Surapati palsu, sehingga sampai sekarang kuburan Untung Surapati masih belum jelas keberadaannya. Ada beberapa versi tentang keberadaan makam Untung Surapati.


Lokasi yang dianggap sebagai makam untung Surapati berada di  dukuh Mancilan dan dukuh Belik, terletak di Kelurahan Pohjentrek Kecamatan Purworejo, Kabupaten Pasuruan demikian ditulis di website Pemda Pasuruan, www.pasuruankota.go.id. Makam tersebut telah diresmikan pada masa pemerintahan Bupati  Drg. H.M Sihabudin.


Sumber lain mengatakan makamnya juga ada di Bangil dan bahkan juga ada di Mojokerto. Ada juga yang menyatakan bahwa makam Untung Surapati sudah dibongkar oleh Herman de Wilde dan jenazahnya dibakar kemudian dibuang ke laut.


Tidak hanya makamnya saja yang simpang siur. Juga beredar banyak versi mengenai penyebab kematian Untung Surapati. Sebagian masyarakat meyakini bahwa Untung meninggal karena terjatuh dari kudanya dalam perjalanan setelah melawan VOC.


Sebagian masyarakat lain bahkan meyakini bahwa Untung masih ada dan sedang bertapa di suatu tempat. Sedangkan yang dianggap sebagai makam Untung hanya berisi barang pusaka milik Untung Surapati.


Makam Untung yang di Pohjentrek pun sering dikunjungi peziarah dari berbagai daerah, seperti Surabaya, Malang, Bondowoso, dan Banyuwangi. Di makam tersebut juga sering diadakan kegiatan khaul dan tumpengan untuk mendoakan beliau.
TAMAT

Cerita sebelumnya:

 

![vivamore="
Baca Juga
:"]

[/vivamore]
Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya