Inisiator Car Free Day: Melenceng dari Tujuan Awal

Inisiator Car Free Day
Sumber :
  • VIVA/Muhammad Nadlir
VIVA.co.id
Car Free Night, Dukuh Atas-Patung Kuda Ditutup Pukul 18.00
- Komite Penghapusan Bensin Bertimbel (KPBB) mengevaluasi pelaksanaan 13 Tahun Car Free Day (CFD) Jakarta. KPBB menilai tujuan dari CFD telah melenceng dari rencana awalnya, yakni untuk pemulihan kualitas udara yang ada.

Masih Kurangnya Kesadaran Membuang Sampah Saat CFD

Direktur Eksekutif KPBB sekaligus inisiator CFD Ahmad Syafriudin mengatakan, Ide awal CFD adalah membangun karakter masyarakat perkotaan karena cenderung menggunakan kendaraan bermotor dalam kesehariannya, baik jarak dekat, menengah hingga jauh.
Bocah Dipalak Bocah, Uang dan Ponsel Melayang


"Jauh dekat mereka menggunakan kendaraan bermotor, padahal penggunaan kendaraan bermotor itu harusnya proporsional, kalau dekat ya bisa jalan kaki, kalau lumayan bisa pakai sepeda, kalau jauh bisa pakai kendaraan umum," ujarnya di kantor KPBB, Gedung Sarinah lantai 12, Thamrin, Jakarta Pusat, Rabu 15 April 2015. 


Ia menegaskan, penggunaan kendaraan pribadi memang harus dihindari. Tapi masyarakat juga tidak bisa dipaksa membiasakan berjalan kaki, ketika trotoar tidak bagus.


Tak hanya itu, dirinya juga menyarankan bahwa ada regulasi yang tegas untuk mengatur para pedagang kaki lima yang menjamur setiap mingggunya.


"Partisipan harus dikeluarkan dari kawasan jalan Sudirman-Thamrin, karena kan sudah terjadi para pesepeda tak lagi bisa menikmati, karena harus bersenggolan dengan pedagang kaki lima," kata Puput panggilan akrab Syafriudin.


Selain itu ia berharap bahwa masyarakat tidak kehilangan
public space
dan warga tetap bisa berolahraga serta CFD bisa menjadi
role model
bagi kota lainnya, agar memulihkan kualitas udara, sehingga ramah lingkungan dan transportasi.


"CFD tidak boleh untuk ajang seremonial atau
event
yang bisa mencederai aturan CFD itu sendiri untuk kepentingan publik bukan untuk kepentingan golongan, kasus lainnya juga banyak kendaraan menerobos," katanya.

![vivamore="
Baca Juga
:"]

[/vivamore]
Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya