F-16 Terbakar di Halim, TNI AU Kapok Beli Pesawat Bekas

Pesawat tempur TNI gagal landing
Sumber :
  • Twitter @windumuktiw

VIVA.co.id - TNI AU memastikan tidak akan mau lagi membeli pesawat tempur jenis F-16 pasca terbakarnya salah satu pesawat sejenis di landasan pacu Bandar Udara Halim Perdanakusuma, Jakarta.

Temui Pimpinan DPR, KSAU Bungkam

"Ini pengalaman bagi kita, apakah kita akan beli lagi yang serupa? Kita jangan sampai beli lagi F-16 yang bekas, sepertinya kita akan membeli yang baru," kata Kepala Staf TNI Angkatan Udara, Marsekal Agus Supriatna, Kamis, 16 April 2015.

Agus menjelaskan, TNI AU juga akan mengevaluasi kembali program penambahan 24 pesawat tempur yang sudah diprogramkan sejak beberapa tahun lalu.

DPR: Insiden F-16 Peringatan bagi Indonesia

"Programnya tetap berjalan dan sudah kita bayar, tapi kita evaluasi kembali, kita tidak akan mau membeli pesawat sejenis," ujarnya menambahkan.

Ada beberapa jenis pesawat tempur yang layak menggantikan pesawat tempur F-16. Namun, semua masih dalam pembahasan.

Aksi Heroik Pilot Pesawat Tempur F16 Selamatkan Banyak Nyawa

Sebelumnya, salah satu pesawat tempur jenis F-16 milik TNI AU terbakar saat akan terbang di landasan pacu Bandara Halim Perdanakusuma. Pesawat yang diawaki Letkol Penerbang Firman Dwi Cahyo terbakar saat akan lepas landas untuk melakukan latihan pengamanan Konferensi Asia Afrika (KAA) sekitar pukul 08.15 WIB.

TNI AU sudah melakukan penyelidikan, dan hasilnya diketahui pesawat terbakar karena adanya percikan api di bagian mesin pesawat.

(mus)

![vivamore="
Baca Juga
:"]




[/vivamore]
Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya