Ahok Batal Ajak PM Mesir Kunjungi Rusun Muara Baru

Ahok Siap Pimpin Jakarta
Sumber :
  • VIVAnews/Muhamad Solihin

VIVA.co.id - Gubernur DKI Jakarta Basuki Tjahaja Purnama (Ahok) batal mengajak Perdana Menteri Mesir Ibrahim Mahlab untuk mengunjungi rumah susun sewa Muara Baru, Penjaringan, Rabu, 22 April 2015.

Kendaraan yang Lintasi Medan Merdeka Mulai Dialihkan

Sebelumnya Ahok, sapaan Basuki berencana mengajak PM Mesir untuk melihat salah satu program Pemprov DKI Jakarta yang dikerjakan Joko Widodo saat masih menjadi Gubernur DKI, yang berhasil merelokasi ribuan warga akibat revitalisasi Waduk Pluit.

"Kunjungan bapak hari ini batal," ujar salah seorang staf Humas Pemerintah Provinsi DKI Jakarta Ruki Munggaran di Balai Kota DKI Jakarta.

Ruki mengatakan, informasi pembatalan itu disampaikan oleh staf Kedutaan Besar Mesir untuk Indonesia. Perdana Menteri Mesir Ibrahim Mahlab dikabarkan masih memiliki agenda pertemuan bilateral dengan pemimpin negara lain yang sama-sama menghadiri forum Konferensi Asia Afrika.

"Yang membatalkan dari pihak perdana menterinya," ujar Ruki.

Kunjungan, direncanakan untuk dijadwalkan ulang menjadi esok hari. "Kedutaan Besar Mesir minta kunjungan ke Muara Baru menjadi diundur untuk besok," ujar Ruki.

Sebelumnya, Ahok dijadwalkan untuk mengunjungi Rusun Muara Baru siang ini bersama Perdana Menteri Mesir. Ahok mengatakan, kunjungan itu akan dilakukan karena PM Mesir ingin mempelajari cara yang dilakukan oleh Pemprov DKI untuk merelokasi ribuan warga yang sebelumnya bermukim di pemukiman kumuh dan ilegal seperti bantaran sungai, kali, pinggiran rel kereta api, dan kolong-kolong jembatan, ke ratusan tower rumah susun yang dibangun oleh pemerintah.

"Perdana Menteri Mesir ingin lihat bagaimana sih kita memindahkan ribuan orang. Rumah kumuh di sana (Mesir) sebenarnya begitu banyak. Mungkin lebih seram daripada di Jakarta," ujar Ahok di Balai Kota DKI Jakarta, Rabu pagi.

Kunjungan ini, kata Ahok, akan dilakukan untuk memenuhi permintaan dari PM Mesir sendiri. "Perdana menterinya yang minta, disampaikan ke kedutaan besar mereka, kemudian kedubes yang mengajukan permintaannya kepada kami," ujar Ahok.

Sebagai akibat dari dibatalkannya kunjungan itu, Ahok kini tidak memiliki agenda resmi lagi di Balai Kota. Ahok, baru dijadwalkan menghadiri gala dinner dengan para delegasi peserta Konferensi Asia Afrika di Istana Negara pada pukul 20.00 WIB.

Massa Demo dari Bekasi dan Tangerang Mulai Berdatangan
Posko logistik demo 4 November

Ini Lokasi Posko Makanan, Minuman dan Medis untuk Pendemo

Ada empat posko yang disiapkan.

img_title
VIVA.co.id
4 November 2016