Djarot: Prasasti Mei 98 Jangan Sampai Bikin Sedih Keluarga

Gubernur DKI Jakarta Djarot Saiful Hidayat
Sumber :
  • VIVA.co.id/Ikhwan Yanuar

VIVA.co.id - Guna memperingati sekaligus mengenang para korban tragedi kerusuhan Mei 1998, Pemrov DKI bersama Komnas Perempuan tengah mendirikan prasasti. Prasasti yang berada di Taman Makam Umum Pondok Rangon ini akan diresmikan pada 13 Mei mendatang.

Rusun Cup, Cara DKI Memanusiakan Mantan Pemukim Ilegal

Wakil Gubernur DKI Jakarta Djarot Saiful Hidayat mengatakan, ini merupakan rencana yang sangat bagus untuk mengenang korban dan menghormati keluarga mereka.

"Tapi jangan sampai membangkitkan trauma korban,” ujarnya di Jakarta, Rabu 22 April 2015.

Alasan Lelang Proyek Anak Buah Ahok Selalu Gagal

Djarot mengaku tak ingin dengan adanya prasasti itu membuat sanak keluarga korban mengingat kembali saudara-saudara mereka yang telah meninggal.

Ia menceritakan pengalamannya sewaktu di Blitar. Di sana terdapat monumen PETA yang berdiri gagah untuk memperingati pemberontakan tentara PETA melawan Jepang. “Di sana dipasang foto-foto para korban. Ini justru membuat trauma keluarga,” katanya menuturkan.

Pemprov DKI Timbun Dana Kesejahteraan Rakyat Rp13 Triliun

Komnas Perempuan memastikan, hal ini tidak akan terjadi. Pasalnya, prasasti yang akan dibangun hanyalah berbentuk tangan yang sedang menjahit sehelai kain sobek. “Artinya adalah menjahit sebuah harapan,” kata Wakil Ketua Komnas Perempuan, Yunianti Chuzaifah.

(mus)

Dirjen Otonomi Daerah Kemendagri Soni Sumarsono

Pengganti Ahok Minta Demonstran Tak Terprovokasi

Pendemo boleh unjuk rasa asalkan tertib.

img_title
VIVA.co.id
4 November 2016