May Day, Ahok Gelar Car Free Day di Hari Jumat

Peringatan Hari Buruh di Jakarta
Sumber :
  • VIVAnews/Muhamad Solihin
VIVA.co.id
Mogok Nasional Dihalangi, Buruh Minta Bantuan Komnas HAM
- Pemerintah Provinsi DKI Jakarta dan Kepolisian Daerah Metro Jaya akan menggelar Hari Bebas Kendaraan Bermotor (HBKB) atau
car free day
Di PHK, Buruh Jepang Gantung Diri
(CFD)
Demo Buruh, DPR: Bikin Aturan Berpihak Pekerja Lokal
di sepanjang Jalan Thamrin dan Jalan Sudirman pada peringatan Hari Buruh yang jatuh pada Jumat, 1 Mei 2015.

Gubernur DKI Jakarta, Basuki Tjahaja Purnama, mengatakan, kegiatan yang biasanya hanya dilangsungkan di hari Minggu itu akan dilaksanakan pada Jumat mendatang guna memberi ruang kepada para buruh yang berencana untuk melaksanakan aksi unjuk rasa. Buruh akan menggelar long march dari Bundaran HI ke Istana Negara.

"Kami laksanain car free day biar kamu (buruh) bisa jalan. Kalau car free day, mobil kan enggak bisa lewat," ujar Ahok, sapaan akrab Basuki, di Balai Kota DKI Jakarta, Selasa, 28 April 2015.

Ahok menambahkan, pelaksanaan CFD Jumat mendatang akan sama seperti hari bebas kendaraan bermotor, yang biasanya dilaksanakan setiap hari Minggu. Jalan yang akan ditutup adalah sepanjang Jalan Sudirman dan Thamrin. Waktu pelaksanaannya pun sama, yakni dari pukul 06.00 WIB hingga pukul 11.00 WIB.

Kepada ribuan buruh yang berencana menggelar aksi unjuk rasa, Ahok mewanti-wanti para buruh itu agar tidak merusak keindahan di Jalan Sudirman-Thamrin, serta tidak membuang sampah sembarangan selama melakukan aksi. Ahok meminta para buruh untuk melaksanakan aksi tahunannya secara tertib.

"Pokoknya Anda jangan rusak pot, jangan rusak taman. Nanti bisa kami gugat Anda," ujar Ahok.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya