Razia Indekos, Wakil Wali Kota Jakbar Disemprit Penghuni

Razia kamar kos di Grogol
Sumber :
  • VIVA.co.id / Muhammad Iqbal

VIVA.co.id - Tim gabungan Pemerintah Kota Jakarta Barat yang terdiri dari Damkar, Satpol PP dinas Sosial, PLN serta RT RW melakukan razia indekos di wilayah Grogol Petamburan, pada Rabu, 29 April 2015.

Wakil Wali Kota Jakarta Barat, M. Yuliadi saat ikut melakukan razia pendataan di salah satu indekos di Jalan Susilo I, sempat terlibat perdebatan dengan salah satu penghuni indekos yang mengaku dari Sumatera Barat karena enggan memberikan KTP-nya.

Razia Kamar Kos, Pasangan Mesum hingga Pakai Sabu Diciduk

Yuliadi menanyakan peraturan yang mengharusnya dia memberikan KTP untuk membuat Surat Keterangan Domisili Sementara (SKDS). Namun penghuni kamar indekos malah naik pitam.

"Itu kan hak saya, peraturannya mana, mana surat edarannya, identitas saya kan sudah e-KTP, selama ini aman-aman saja," ujar penghuni itu kepada Wakil Wali Kota dan Camat Grogol.

Kepada penghuni tersebut, Yuliadi menjelaskan, razia ini adalah bina kependudukan, di mana penghuni kos yang bukan warga Jakarta KTP nya akan dibawa petugas untuk diurus SKDS nya di Kelurahan dengan menyertakan pas foto 2x3 2 lembar.

Camat Intip Kamar Kos yang Diisi Pasangan Mesum

"Kita upayakan Grogol Petamburan untuk tertib administrasi, rata-rata penjaga indekos serta penghuni belum mengenal mekanisme pelaporan kependudukan, makanya kita beri tahu, supaya pemerintah bisa mengontrol warga luar yang masuk," kata Yuliadi.

Bulan depan, lanjut Yuliadi, giliran apartemen yang bakal dirazia untuk didata. Sejauh ini, dia masih melakukan imbauan kepada penghuni dan pemilik indekos untuk mematuhi aturan yang ada.

Camat Grogol Petamburan, Denny Ramdani, menambahkan, penghuni indekos yang terdata dan KTP-nya dibawa petugas diharapkan untuk mengurusnya di kantor kelurahan, kemudian pada hari Selasa depan bisa mengambil SKDS.

Kepergok Berduaan di Kos, Penyewa Mengaku Sedang Belajar

Denny menjelaskan, peninjauan dan pembinaan kos-kosan jika tidak dilakukan akan menjadi masalah keamanan. "Kita rutin tiap hari Rabu melakukan pembinaan di kos-kosan, setiap RW kita gilir," tambah Denny.

Razia kos-kosan sedang giat-giatnya digelar oleh Pemerintah DKI Jakarta. Dalam razia pagi ini di Grogol Petamburan, tidak ditemukan pasangan belum sah sekamar berdua.

Sebelumnya, di Kecamatan Palmerah dan Kelurahan Jelambar, petugas menciduk banyak pasangan yang sedang berada di kamar berdua bukan suami istri.

Irene, pencuri spesialis kamar kos

Kisah Irene, Wanita Muda Residivis Pembobol Kamar Kos

Dia baru keluar dari penjara dan ditangkap polisi untuk kasus serupa.

img_title
VIVA.co.id
21 Agustus 2015