Komunitas Seni Bakal 'Hengkang' dari Kota Tua

Wisata lebaran di Kota Tua Jakarta
Sumber :
  • ANTARA/Andika Wahyu

VIVA.co.id - Gubernur DKI Jakarta, Basuki Tjahaja Purnama, mengatakan saat ini DKI tengah membangun fasilitas pendidikan dan komunitas untuk film, musik, dan teater di kawasan Kota Tua, Jakarta Barat.

Jadwal Final Indonesia Vs China di Piala Thomas dan Uber 2024

Pembangunan itu, kata Ahok sapaan Basuki melibatkan BUMN dan PT Pembangunan Kota Tua Jakarta (JOTRC).

“Iya kita akan sewa gedung milik BUMN untuk dipakai sebagai tempat kegiatan seni,” ujar Ahok, Kamis, 30 April 2015 di Balai Kota.

Pria nomor satu di Jakarta tersebut berencana akan menyewa gedung ROA yang berlokasi di Jalan Malaka nomor 7-9, Jakarta Barat. Gedung tersebut hingga kini masih digunakan oleh PT PPI (Perusahaan Perdagangan Indonesia) yang berada di bawah kepemilikan BUMN.

Pemrov berencana akan menyewa gedung ROA selama 20 tahun, sekaligus melakukan renovasi dan pemugaran gedung tersebut.

Anies soal Tawaran Bikin Partai Perubahan: Itu Kreativitas Orang di Medsos

“Anggaran sewa nanti akan kita masukkan ke APBD-P (Anggaran Pendapatan dan Belanja Daerah Perubahan) 2015, BUMN yang akan tentukan nilai sewanya, tapi sekitar belasan miliar,” jelas mantan Bupati Belitung itu.

Menurut Ahok itu, penyewaan gedung ROA merupakan bagian dari program dan konsep yang diinginkan oleh Presiden Joko Widodo, di mana ada 60 gedung di kawasan Kota Tua yang masih layak dan kemudian akan dimanfaatkan sebagai tempat beragam kegiatan seni.

Ia menambahkan bahwa Pemrov DKI berkeinginan untuk menghidupkan kota tua yang dinilai memiliki banyak potensi. Dibentuknya sarana pendidikan di Kota Tua diharapkan dapat meningkatkan perkembangan budaya lokal dan juga pendidikan.

Reaksi Elkan Baggott Usai Ipswich Town Promosi ke Premier League
gedung tua yang roboh di Kawasan Kota Tua Jakarta

Mengembalikan Ruh Kota Tua Jakarta

"Fokusnya pada pemulihan gedung-gedung yang dulu sempat terkenal."

img_title
VIVA.co.id
31 Maret 2015