May Day dan 10 Tuntutan Buruh

Peringatan Hari Buruh di Jakarta
Sumber :
  • VIVAnews/Muhamad Solihin
VIVA.co.id
Mogok Nasional Dihalangi, Buruh Minta Bantuan Komnas HAM
- Polda Metro Jaya akan mengerahkan 14.044 personel untuk pengamanan peringatan Hari Buruh Internasional alias May Day yang akan digelar hari ini, Jumat, 1 Mei 2015. Pengamanan yang dilakukan Polda Metro akan di-
back up
Di PHK, Buruh Jepang Gantung Diri
Kodam Jaya dan Pemerintah Provinsi DKI Jakarta.
Demo Buruh, DPR: Bikin Aturan Berpihak Pekerja Lokal

Kapolda Metro Jaya, Inspektur Jenderal Unggung Cahyono, mengatakan kepolisian telah berkoordinasi dengan pimpinan buruh dan menyepakati pelaksanaan demo Hari Buruh akan berlangsung damai.


Menurut Unggung, elemen buruh akan mulai bergerak ke Bundaran Hotel Indonesia pukul 07.00. Kemudian sekitar pukul 09.00, massa buruh akan bergeser ke Istana Negara, dan rencananya massa buruh akan menunaikan Salat Jumat di depan Istana.


"Polda Metro Jaya akan memberikan pelayanan maksimal kepada rekan-rekan buruh. Kami akan menyediakan air wudhu dan khatib Jumat," kata Unggung saat berbicang bersama
tvOne
, Kamis.


Setelah menunaikan Salat Jumat, massa buruh akan terbagi dua. Sebagian menetap di depan Istana, sebagian lagi bergeser ke Gelora Bung Karno, Senayan.


Unggung menegaskan, selama peringatan Hari Buruh, pengamanan di depan Istana Negara akan diberlakukan tiga ring. Untuk ring pertama dilakukan oleh Paspampres, sedangkan ring kedua dan ketiga dilakukan oleh aparat kepolisian dibantu personil Kodam Jaya.


"Kami akan kasih
barrier
, kami jaga ada dari personel Sabhara dan Brimob," ujar dia


Mantan Kapolda Jawa Timur ini menambahkan, pola pengamanan kepolisian di Hari Buruh ini bersifat persuasif simpatik. Dengan catatan, aksi berjalan damai, tidak anarkis dan tidak merusak fasilitas umum. "Kami akan memberikan pelayanan yang baik kepada rekan-rekan buruh," imbuhnya.


Sebelumnya dikabarkan, sekitar 150 ribu buruh di Jabodetabek akan turun ke jalan untuk memperingati Hari Buruh pada 1 Mei 2015 mendatang. Peringatan hari yang akrab disebut May Day itu akan menyampaikan .

Aksi May Day kali ini bertemakan "Akhiri Keserakahan Korporasi dan Wujudkan Negara Kesejahteraan". Aksi akan dimulai dengan long march mulai dari Bundaran Hotel Indonesia menuju Istana Negara.

Khusus untuk massa Konfederasi Serikat Pekerja Indonesia (KSPI), dengan jumlah hampir 100 ribu buruh, nantinya pada pukul 13.00, setelah dari Istana Negara akan bergerak menuju Stadion Utama Gelora Bung Karno, Senayan, untuk merayakan May Day Fiesta hingga pukul 17.00.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya