Pengelola Monas: Perayaan Hari Buruh 2015 Lebih Tertib

Buruh Shalat Jum'at di Monas
Buruh Shalat Jum'at di Monas
Sumber :
  • VIVA.co.id/Anhar Rizki Affandi

VIVA.co.id - Perayaan hari buruh atau May Day pada Jumat, 1 Mei 2015 lalu menyisakan kerusakan di sejumlah fasilitas umum di Ibu Kota. Kerusakan itu, terlihat salah satunya di Jalan Medan Merdeka Utara dan Taman Trotoar sisi utara Monumen Nasional (Monas).

Pantauan VIVA.co.id, Minggu 3 Mei 2015, di area taman kota pada jalur tersebut, kondisi tanamannya sudah rata dengan tanah akibat terinjak-injak. Selain itu, masih terlihat banyak sampah sisa air mineral dan puntung rokok berserakan. Tak hanya itu, sampah sisa bekas makanan juga masih terlihat berserakan dimana-mana. Petugas kebersihan terlihat berusaha membersihkan tumpukan sampah agar kawasan tersebut kembali bersih.

Kepada VIVA.co.id, Kepala Unit Pengelola Taman (UPT) Monas, Rini Haryani, mengatakan, ada kerusahan fasilitas dan tanaman usai perayaan hari buruh. Namun, menurut dia kerusakan tak separah tahun sebelumnya. "Ya betul memang ada yang rusak tapi tidak terlalu parah. Aksi mereka cukup tertib," kata Rini di Jakarta.

Menurut Rini, pihaknya juga tidak terlalu kerepotan untuk membersihkan sisa-sisa sampah yang masih berserakan. Sebab, petugas kebersihan langsung bekerja merapikan sampah yang berserakan sejak aksi itu berakhir. "Ada tiga truk sedang untuk mengangkut sampah bukan truk besar. Kalau berapa tonnya saya kurang tahu. Yang jelas tiga truk sampah," ujarnya menambahkan.

Taman-taman yang rusak karena terinjak-injak juga akan diperbaiki." Itu paling tanaman pada rebahan karena diinjak dan diduduki. Nanti akan dipotong, supaya nanti tumbuh lagi."

Sebelumnya, sekitar 65.000 buruh yang berasal dari Jabodetabek, Banten dan Bandung ikut merayakan May Day 2015 di Jakarta pada Jumat 1 Mei 2015 lalu. Area Monas menjadi salah satu lokasi aksi yang dilakukan para buruh. 

(mus)