Jembatan Penyeberangan Orang Jadi 'Seluncuran' Sepeda Motor

Motor lintasi jembatan penyebrangan orang
Motor lintasi jembatan penyebrangan orang
Sumber :
  • VIVA.co.id / Muhammad Iqbal

VIVA.co.id - Jembatan Penyeberangan Orang (JPO) kembali menjadi sorotan karena banyak jembatan dalam keadaan rusak dan berkarat. Namun berbeda dengan JPO di Jalan Rawa Bengkel, Kecamatan Cengkareng Jakarta Barat.

Jembatan yang diperuntukkan untuk warga melintasi jalan Tol Rawabuaya-Cengkareng ini justru sering dilintasi oleh pengendara motor, padahal jembatan tersebut sangat tinggi dan di jalan naik serta turunnya sangat curam.

Menurut pantauan VIVA.co.id, beberapa pengendara motor nampak melewati JPO tersebut. Seorang pengendara motor bernama Didin, warga Rawabuaya, Cengkareng mengaku biasa melewati JPO tersebut dengan motor.

Alasannya, karena putaran jalan di wilayah tersebut sangat jauh. "Ya mau gimana lagi, putarannya jauh. Kadang takut juga karena curam sekali, tapi ya pelan-pelan aja," kata dia.

Sementara itu, Herawati salah satu pejalan kaki pengguna JPO menyesalkan ulah pengendara yang melintasi Jembatan tersebut. Menurut dia, selain mengganggu ketertiban, hal itu juga berdampak pada kecelakaan terhadap dirinya sendiri.

"Udah banyak yang celaka masih aja bandel pake JPO. Ini kan hak kita (para pejalan kaki) bukan hak mereka (pengendara motor), saya berharap aparat terkait dapat menertibkannya," ujarnya.

Selama ini menurut pengakuan warga belum ada larangan dari Dishub ataupun Polisi bagi motor yang melintas JPO tersebut. Padahal beberapa kali motor yang melewati JPO tersebut terjatuh karena curamnya kaki jembatan tersebut. (ren)