Ini Penyebab Kemiskinan di Jakarta Meningkat

Penghuni Kolong Tol
Sumber :
  • VIVA.co.id/Anhar Rizki Affandi
VIVA.co.id
Anggota DPR: Pemerintah Gagal Tekan Kemiskinan
- Pemerintah Provinsi DKI Jakarta, tengah berupaya menelusuri penyebab semakin meningkatnya jumlah warga miskin di ibu kota.

Ini Wilayah Jakarta yang Indeks Kerawanan Sosialnya Tinggi

Wakil Gubernur DKI Jakarta, Djarot Saiful Hidayat, Rabu 13 Mei 2015, mengatakan bahwa dalam penelusuran itu, Pemprov bekerja sama dengan Badan Pusat Statistik (BPS).
Mantan Staf SBY Pesimistis Jokowi Segera Tekan Kemiskinan


Pemprov DKI dan BPS akan memulai mencari penyebab peningkatan angka kemiskinan, dengan melakukan pendataan warga berpenghasilan rendah dan miskin yang berada di wilayah DKI.


"Cara paling tepat adalah kita harus mendata mereka (warga miskin dan berpenghasilan rendah), dan penyebab mereka miskin itu apa, karena banyak sekali penyebabnya," kata Djarot.


Pemprov DKI bersama dengan BPS akan melakukan pengumpulan informasi terlebih dahulu dengan turun langsung ke lapangan dan memanfaatkan informasi dari warga sekitar mengenai sumber penyebab kemiskinan di suatu daerah.


"Kita akan lihat dan pelajari dulu apa penyebabnya, bisa saja karena kendala fisik, seperti sudah tua dan sakit-sakitan. Baru, setelah itu kita akan data dan memberikan bantuan sesuai kebutuhan masing-masing. Ini tugas pemerintah untuk melindungi semua warganya," papar Djarot.


Sebagai informasi, jumlah penduduk miskin di DKI Jakarta pada September 2014, tercatat sebesar 412,79 ribu orang, atau 4,09 persen dari total penduduk.


Jumlah ini meningkat jika dibanding 2013, yang hanya sebesar 371.700, atau 3,72 persen. Meningkatnya jumlah penduduk miskin ini diduga disebabkan oleh tingginya inflasi pada tahun buku 2014, yaitu sebesar 8,95 persen. (asp)

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya