Mensos: DN dan Saudarinya Dirawat Oleh Negara

Mensos Kunjungi Anak yang Ditelantarkan Orang Tuanya
Sumber :
  • VIVA.co.id/Ahmad Rizaluddin

VIVA.co.id - Kasus kekerasan fisik dan psikis yang dialami DN, bocah 8 tahun, dan empat saudarinya yang juga masih di bawah umur membuat Menteri Sosial Khofifah Indar Prasti geram. Ia pun meminta untuk sementara waktu kelimanya dirawat oleh negara.

Bekas Galian Tambang Jadi 'Penjemput Nyawa' Anak-anak

Itu disampaikan Khofifah usai mendatangi tempat kelimanya di rawat di Safe House, Cibubur, Jumat 15 Mei 2015.

"Jika dilihat mereka sangat takut dengan orangtuanya, maka saya rasa tidak mungkin mereka dipersatukan dalam waktu dekat ini. Butuh pemulihan, dan kami akan cari keluarga atau saudaranya, apakah pamannya atau keluarganya yang lain," ucapnya.

Lebih lanjut Khofifah mengungkapkan, kasus kekerasan dan penelantaran terhadap anak jumlahnya cukup banyak. Dan berdasarkan data Kemensos, ada sekitar 5.900 anak-anak yang menjadi korban traficking, kekerasn fisik dan lain sebagainya.

"Sementara yang bermasalah dengan hukum sekitar 3.600, balita terlantar 1,2 juta. Total keseluruhan dengan anak jalanan jumlahnya mencapai 4,1 juta anak dengan berbagai masalah yang ada," ujarnya.

Terkait hal itu, ia pun ingin mengidentifikasinya lebih jauh. Apa persoalan yang sebenarnya terjadi. Apakah murni masalah sosial atau ada masalah lain yang jadi pemicunya.

"Perlu kerjasama yang baik untuk menangani kasus ini," ujarnya.

Polres Depok bentuk Tim Srikandi

Depok Catat 147 Kasus Kejahatan pada Wanita dan Anak

Data dari Januari hingga Juli 2016.

img_title
VIVA.co.id
6 Agustus 2016