Praktik Dokter Kecantikan di Toilet Plaza Semanggi Digerebek

Juli Sowolino (34) dokter gadungan yang melakukan praktik ilegal di toilet mal.
Sumber :
  • Irwandi Arsyad
VIVA.co.id
Dikhawatirkan Kabur, Dokter Kulit Terkenal Ditahan Polisi
- Polres Metro Jakarta Selatan menggerebek praktik dokter kecantikan ilegal di toilet Plaza Semanggi, Jakarta Pusat. Saat ditangkap, pelaku yang bernama Juli Sowolino (34) sedang melakukan praktik di toilet yang berada di lantai 3.

Pengakuan Mengerikan Korban Suntik Payudara 'Dokter Toilet'

"Senin pagi, kita baru saja menangkap pelaku dokter kecantikan ilegal, dengan operasi tangkap tangan. Pelaku kami tangkap saat melakukan praktik di toilet Plaza Semanggi," ujar Kanit Krimsus Polres Jakarta Selatan AKP Riki Yariandidi Polres Jakarta Selatan, Senin 18 Mei 2015.
JS Nekat Buka Praktik Dokter 'Toilet' Demi Hidupi Anaknya


Saat melakukan penangkapan, polisi ikut mengamankan barang bukti berupa alat suntik dan cairan kimia silikon. Riki menjelaskan, peristiwa penangkapan itu bermula dari laporan seorang pasien berinisial S. Dia mengaku mengalami bengkak-bengkak di seluruh wajahnya setelah disuntik silikon oleh pelaku.


"Jadi, pelaku ini katanya bisa memberikan layanan medis atau farmasi kecantikan, seperti tarik benang dan suntik silikon pada wajah pasien. Pelaku ini tidak punya surat izin praktik," katanya.


Riki mengungkapkan, usai melakukan penyelidikan dan mengetahui identitas pelaku, pihaknya lantas melakukan penangkapan. Dari keterangan pelaku Juli, dia mengaku sudah menjalankan praktiknya selama 3 tahun.


Menurutnya, pelaku sebenarnya tidak mengetahui apa-apa soal kecantikan dan senyawa cairan kimia silikon yang disuntikkan pada tiap pasiennya itu. Pelaku hanya lulusan SMA yang mengaku-ngaku sebagai dokter saja. Dari praktik ilegalnya, pelaku terancam Pasal 78 UU Nomor 29 tahun 2004 lantaran tidak adanya surat izin praktik (SIP).


"Praktiknya saja keliling-keliling mal yang ada di Jakarta, pengerjaannya malah di toilet mal. Makanya, kami sarankan pada masyarakat, waspada dong dan jangan mudah terpengaruh dengan dokter gadungan yang tidak punya sertifikat atau SIP
gitu loh
," katanya.



Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya