Pasien 'Dokter' Juli Alami Gagal Ginjal dan Hepatitis

Juli Sowolino (34) dokter gadungan yang melakukan praktik ilegal di toilet mal.
Sumber :
  • Irwandi Arsyad

VIVA.co.id - Lima orang pasien Juli Sowolino (34), dokter kecantikan gadungan yang membuka praktik di toilet Mal Plaza Semanggi, Jakarta Selatan, saat ini masih menjalani perawatan di RSCM Jakarta.

Dikhawatirkan Kabur, Dokter Kulit Terkenal Ditahan Polisi

Kapolres Jakarta Selatan Kombes Wahyu Hadiningrat mengatakan, akibat perbuatan pelaku yang tak sesuai dengan ilmu kedokteran, korban bahkan ada yang mengalami sakit lever, gagal ginjal karena mengalami kebocoran dan terkena hepatitis.

"Pembesaran payudara diambil dari lemak paha akibatnya terkena hepatitis. Ada penyakit lain dan beragam," ujarnya, Selasa, 19 Mei 2015.

Pengakuan Mengerikan Korban Suntik Payudara 'Dokter Toilet'

Dari pemeriksaan awal, pelaku sebenarnya tidak mengetahui apa-apa soal kecantikan dan senyawa cairan kimia silikon yang disuntikan pada tiap pasiennya. Pelaku bahkan hanya lulusan SMA yang mengaku-ngaku sebagai dokter.

"Perawatan muka dengan memberi suntikan ke wajah agar awet muda. Dampaknya dengan keilmuan yang tidak sesuai, wajah justru bernanah, gatal-gatal dan berdarah," kata Wahyu menambahkan.

JS Nekat Buka Praktik Dokter 'Toilet' Demi Hidupi Anaknya

Guna meyakinkan calon pasiennya, Juli mengaku sebagai dokter ahli bedah yang sudah menjalankan praktik sejak 2013. Setiap kali melakukan perawatan, Juli menarik bayaran Rp6 juta.

"Sekarang korban malah mengeluarkan ratusan juga untuk perawatan dan penyembuhan. Korban ada lima, mereka tahu dari mulut ke mulut."

(mus)

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya