Demo Depan Istana, Mahasiswa Tuntut Jokowi Mundur

Aksi unjuk rasa mahasiswa di depan Istana Negara
Sumber :
  • Foe Peace/ Jakarta

VIVA.co.id - Ikatan Mahasiswa Muhammadiyah (IMM) bersama Gerakan Pemuda Islam Indonesia, yang merupakan inisiator Aliansi Tarik Mandat kepada Presiden Joko Widodo, melakukan unjuk rasa hari ini di depan Istana Negara.

Presiden Jokowi Santai UU Amnesty Digugat

Aksi demonstrasi itu dimulai dari kawasan Menteng Raya menuju Istana Negara. Dalam unjuk rasa ini, mereka menuntut meluruskan kiblat bangsa. Menurut mereka, bangsa ini sudah tidak berkiblat pada Pancasila.

Dari pantauan VIVA.co.id, sempat terjadi aksi saling dorong antara pengunjuk rasa dengan petugas yang melakukan pengamanan. Aksi itu terjadi karena massa berusaha menduduki Istana. Tapi petugas menghalau massa agar tidak melakukan tindakan anarkis.

"Menurut kita, Pemerintah sudah tidak memerhatikan nilai-nilai Pancasila yang berorientasi pada kesejahteraan rakyat. Sekarang Pemerintah lebih ke arah elit politik, dan para korporatĀ  asing," kata Taufan Putra, Kabid Hikmah DPP IMM, Selasa 19 Mei 2015, di depan Istana Negara, Jalan Medan Merdeka Utara, Jakarta Pusat.

Taufan menjelaskan, mereka menginginkan apa yang Jokowi janjikan sebelum menjadi presiden direalisasikan. Mereka menilai, reshuffle kabinet tidak akan bisa mengobati apa yang telah terjadi di Indonesia saat ini.

"Kami menuntut Trisakti dan Nawacita terealisasi, seperti janjinya sebelum menjadi presiden dulu. Mereshuffle Menteri saja tak cukup, harus secara keseluruhan. Jadi, intinya, presiden harus turun, sebelum lebih parah lagi," kata dia.

Ia menambahkan, mereka akan kembali melakukan unjuk rasa pada peringatan Hari Kebangkitan Nasional besok. (ren)

Jokowi: Indonesia Bangga Raih Perak Pertama
KRL Commuter Line.

Antisipasi Kepadatan, KRL Tambah Petugas Tiket

Sejumlah stasiun akan diprioritaskan.

img_title
VIVA.co.id
4 November 2016