Banten Bangun Tempat Pemilah Produk Pertanian untuk DKI

Pedagang melayani pembeli di Pasar Rumput, Jakarta
Sumber :
  • ANTARA FOTO/Zabur Karuru

VIVA.co.id - Setelah bekerjasama dengan provinsi Lampung serta NTT perihal peternakan sapi, kini Pemrov DKI berencana akan membangun kerja sama dengan Provinsi Banten untuk membangun sebuah terminal agribisnis yang berfungsi sebagai tempat pemilah bahan sembako yang akan dikirim ke Jakarta.

“Produk barang-barang pertanian yang akan masuk ke Jakarta nanti akan dipilah dan dibersihkan dulu di sana, sehingga begitu masuk ke Jakarta sudah dalam keadaan bersih,” ujar Wakil Gubernur DKI Jakarta, Djarot Saiful Hidayat, Kamis, 21 Mei 2015.

Menurut Djarot, hal tersebut merupakan salah satu cara bagi DKI dalam mengurangi kuantitas sampah yang ada. Selain itu, terminal agribisnis di Banten nantinya juga akan dipakai sebagai RPH (Rumah Pemotongan Hewan).

Cerita Jusuf Kalla Soal Walikota Gagal

Kepala Dinas Kelautan dan Pertanian DKI Jakarta, Darjamuni, menambahkan, Provinsi Banten telah menyiapkan lahan sebagai bentuk kerjasamanya tersebut.

“Nanti rencananya akan bangun terminal agribisnis seperti di Lampung dan NTT untuk RPH dan juga penampungan sayur. Sebelum masuk ke pasar Kramat Jati, produk pertanian sudah ready tinggal dimasak nanti,” ucapnya.

Darjamuni mengaku, Banten sendirilah yang menawarkan kerja sama itu kepada Pemprov DKI Jakarta. “Akan kami survei Minggu ini,” kata Darjamuni.

Tumpukan sampah di Jakarta.

Air Meluap, Sampah Ciliwung Capai 31 Truk

Tiga alat berat dikerahkan untuk mengangkut sampah.

img_title
VIVA.co.id
8 Maret 2016