Ahok Ungkap Penyebab Bus TransJakarta Sering Terbakar

TransJakarta terbakar
Sumber :
  • TMC Polda Metro Jaya/@yesmagi
VIVA.co.id
Bus Transjakarta Terbakar di Kemayoran
- Gubernur DKI Jakarta Basuki Tjahaja Purnama menyebut proses lelang bus TransJakarta pada tahun 2013 sering dimainkan Kepala Dinas Perhubungan DKI pada waktu itu, yakni tersangka korupsi Udar Pristono.

TransJakarta Hentikan Operasi Bus Abu-abu Koridor 4 dan 6

Dishub DKI, kata dia, pada lelang-lelang yang telah dilakukan sebelumnya selalu sengaja membuat produsen-produsen bus kelas dunia yang mengikuti lelang, seperti Hino, Daewoo, Mercedes Benz, dan Scania kalah lelang. Akibatnya, pada saat pengadaan lelang bus dilakukan di tahun 2013, produsen-produsen bus itu enggan kembali mengikuti lelang.
Lapor soal Layanan TransJakarta, Ahok Akan Beri Hadiah


"Mereka enggak mau ikut karena tiap kali lelang, mereka pasti kalah," ujar Ahok, sapaan akrab Basuki, usai melakukan peresmian Ruang Publik Terpadu Ramah Anak (RPTRA) Bahari di Kelurahan Gandaria Selatan, Cilandak, Jakarta Selatan, Kamis, 21 Mei 2015.


Akibatnya, Ahok mengatakan, lelang hanya diikuti produsen-produsen bus yang tidak memiliki produk bus dengan kualitas standar internasional. Produsen-produsen bus itu kebanyakan berasal dari negeri Tiongkok.


Setelahnya, lelang dipastikan hanya dimenangkan produsen-produsen bus itu. Bus-bus yang lelangnya diadakan pada tahun 2013 itu, kemudian menjadi armada TransJakarta yang terus melayani jalur
busway
hingga saat ini.


"Saya sudah bilang waktu kita
ngadain
bus di tahun 2013, dalam lelangnya itu, kita cantumkan produsen yang kelas dunia, tapi mereka (Dinas Perhubungan) malah mainkan," ujar Ahok.


Armada bus TransJakarta tercatat telah mengalami beberapa insiden kerusakan atau terbakar di tahun 2014 dan tahun 2015. Pada tanggal 8 Agustus 2014, sebuah bus TransJakarta koridor XI jurusan Pulogebang - Kampung Melayu bermerk Inobus produksi PT. Industri Kereta Api (Inka) terbelah dua saat melintas di Jalan Bekasi Timur Raya, Jatinegara, Jakarta Timur.


Pada tanggal 28 Agustus 2014, sebuah bus TransJakarta Koridor 1 jurusan Blok M - Kota bermerk Yutong terbakar di depan halte busway Al-Azhar, Jakarta Selatan. Pada tanggal 8 Maret 2015, sebuah bus TransJakarta gandeng Koridor 9 jurusan Pinang Ranti - Pluit bermerk Zhongtong mengalami overheating kemudian terbakar di ruas Jalan Gatot Subroto.


Kemarin, pada tanggal 20 Mei 2015, sebuah bus TransJakarta Koridor 4 jurusan Pulo Gadung - Dukuh Atas, nyaris terbakar karena telah berasap akibat adanya kebocoran oli. Terakhir, tadi pagi, sebuah bus TransJakarta Koridor 5 jurusan Kampung Melayu - Ancol terbakar ban kirinya di kawasan Kampung Melayu, Jakarta Timur, akibat rem ban belakangnya mengalami kerusakan.


Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya