Siomay dan Kwetiau di Sabang Jakpus Mengandung Formalin

Makanan mengandung formalin
Sumber :
  • VIVA.co.id / Foe Peace

VIVA.co.id - Badan Pengawasan Obat dan Makanan DKI Jakarta (BPOM) bersama dengan Pemerintah Kota Jakarta Pusat, hari ini, Jumat 22 Mei 2015 melakukan inspeksi mendadak ke Kampung Lima, Sabang, Menteng, Jakarta Pusat.

Usus Berformalin, Toko Kimia Diminta Selektif ke Pembeli

Dalam sidak ditemukan ada lima sampel makanan yang terbukti mengandung bahan kimia berbahaya bagi tubuh manusia.

Kelima sempel makanan itu yakni, tahu putih, tahu kuning, tahu siomay, kwetiau, dan ketupat. Diketahui, kelima bahan makanan tersebut terbukti mengandung zat formalin, dan satu di antaranya terbukti mengandung boraks.

"Dalam sidak kali ini, kami temukan lima sampel mengandung formalin semuanya. Kecuali ketupat mengandung boraks," kata Dewi Prawita Sari, di Kampung Lima, Sabang, Menteng Jakarta Pusat.

Dalam kesempatan itu, Kepala Suku Dinas Koperasi UMKM dan Perdagangan Jakarta Pusat, Ety Syartika, menjelaskan untuk saat ini, para pedagang yang dagangannya terbukti mengandung zat kimia berbahaya akan dikumpulkan dan diberikan imbauan.

Namun ia menambahkan, apabila dalam sidak selanjutnya pedagang masih terbukti mencampur zat kimia berbahaya, maka akan diberikan sanksi tegas, berupa dilarang berjualan lagi di Kampung Lima.

"Pada tahap ini kami tidak akan memberikan sanksi. Kami akan melakukan pembinaan terlebih dahulu terhadap para pedagang itu. Namun ke depannya kalau ditemukan lagi dagangan mereka masih mengandung zat berbahaya, maka akan kami kenakan sanksi, yaitu berupa larangan untuk berjualan lagi di sini," kata Ety.

Mengapa para pedagang ini belum diberikan sanksi tegas, karena Ety menilai para pedagang tidak mengetahui juga bahwa barang yang mereka jual mengandung zat kimia berbahaya.

Kasus Usus Berformalin, Polisi Minta Warga Tak Khawatir

Maka dari itu, ia menegaskan nantinya pada pedagang ini harus beralih dalam membeli bahan pangan yang akan mereka gunakan untuk berjualan dari orang yang sebelumnya mereka beli.

"Kami akan tanya sumbernya dari mana mereka beli, dan akan mengimbau mereka agar tidak membeli pada mereka lagi," ujar Ety. (ase)

Polda Metro Jaya ungkap kasus usus berformalin

Kenali Ciri-ciri Makanan Berformalin

Ayam berformalin banyak beredar di Jakarta Timur dan Jakarta Barat.

img_title
VIVA.co.id
16 Februari 2016