Dokter Palsu yang Jualan di Media Sosial Dibekuk

Tempat praktek doter gadungan
Sumber :
  • VIVA.co.id / Zahrul Darmawan
VIVA.co.id
Inovasi Dokter Cilik Ini Bantu Perbaiki Gizi Anak
- Aparat Satuan Reserse dan Kriminal (Satreskrim) Polresta Depok berhasil meringkus seorang wanita berinisial IAD (28 tahun) yang diduga sebagai dokter palsu.

Dokter Kecil Mahir Gizi Kini Hadir Versi Online

Dalam aksinya, ibu satu anak ini diketahui sudah menjalankan profesi dokter gadungan tersebut di beberapa klinik di kawasan Bogor dan Depok selama lebih dari setahun terakhir.
Allah Maha Penentu, Meski Dokter Sudah Nyatakan Kematian


Kasat Reskrim Polresta Depok, Komisaris Teguh Nugroho, mengungkapkan, terbongkarnya praktek dokter palsu tersebut bermula dari adanya laporan kecurigaan sejumlah dokter asli yang bertemu dengan pelaku di salah satu klinik di kawasan Citayam, Depok.


"Berawal dari adanya laporan tersebut, maka kami (buser) langsung menindaklanjutinya dengan melakukan pengembangan. Setelah bukti dirasa cukup, maka yang bersangkutan kami amankan. Dan benar saja, IAD mengakui bahwa dirinya bukan dokter," kata Teguh pada
VIVA.co.id
, Jumat 22 Mei 2015.


Pelaku, lanjut Teguh, mengawali prakteknya melalui situs jejaring sosial. Pelaku yang menggunakan nama palsu mengaku bisa mengobati dan telah lulus sebagai dokter.


"Dari situlah dia mendapat tawaran untuk membuka praktek di beberapa klinik di antaranya di kawasan Cibinong Bogor dan Depok. Klinik umum," beber Teguh.


Lebih lanjut, Kanit Jatanras Polresta Depok, AKP Supriyadi, menambahkan, pelaku diketahui memang terobsesi sebagai dokter. Ini lantaran dia pernah menempuh pendidikan jurusan kedokteran di salah satu perguruan tinggi di Yogyakarta.


"Namun sampai semester delapan saja. Kuliahnya tidak tamat, nah dia ini terobsesi jadi dokter. Dia bisa lolos buka praktek karena memang sudah memiliki basic. Rata-rata yang ditanganinya penyakit umum. Sejauh ini, belum ada pasien yang menjadi korban. Namun akan kami telusuri lebih dalam," kata Supriyadi. (one)

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya