Janji Ahok untuk Warga yang Tinggal di Rumah Susun

Ahok di Balai Betawi
Sumber :
  • VIVA / Foe Peace

VIVA.co.id - Gubernur DKI Jakarta Basuki Tjahaja Purnama atau yang
lebih akrab disapa Ahok mengatakan, nantinya akan terdapat beberapa inovasi baru di setiap rumah susun.  Hal ini bertujuan untuk memberdayakan warga, baik dari segi ekonomi maupun kesehatan.

"Kita lagi pikirkan bangunan rusun pake lift, supaya orang tidak pegal lagi kalau naik ke lantai atas," ujar Ahok saat membuka acara "Gebyar Gerakan Ketuk Pintu Layani Dengan Hati" di Rumah Susun Pinus Elok, Jakarta Timur, Minggu 24 Mei 2015.

Selama ini, kata Ahok, warga yang telah lanjut usia tinggal di lantai bawah, sedangkan yang masih muda tinggal di atas. Namun, banyak warga yang masih muda, ternyata bekerja di beberapa pekerjaan yang memerlukan fisik ekstra seperti tukang bangunan.

Kendaraan yang Lintasi Medan Merdeka Mulai Dialihkan

Ini akan menimbulkan kelelahan jika harus naik turun tangga. Ditambahkan Ahok, hal ini kurang baik untuk kesehatan. Dari situlah terpikir untuk membuat lift di rumah susun.

Selain itu, Ahok juga mencanangkan agar nantinya di lantai bawah
setiap rusun dijadikan pasar. Dengan begitu, warga rusun berkesempatan membuka usaha.

"Saya yakin ibu-ibu di rumah susun punya bakat dagang, bakat bikin kue dan bakat usaha. Jadi harus didata untuk disediakan
tempat usaha," ujarnya.

Untuk menghindari adanya kebakaran akibat tabung gas yang meledak, Ahok juga berencana agar setiap rusun punya pipa gas. Menurutnya, hal ini justru lebih aman dan praktis bagi warga. "Jadi mau masak tinggal buka," kata Ahok.

Selain membuat Pasar di rusun, Ahok juga berjanji akan memberikan
modal usaha untuk membantu warga yang ingin berdagang. "Kami juga
mampu memodali selama Anda jujur. Dan kalau ada oknum yang kurang ajar atau berbuat onar di DKI akan saya buang," kata Ahok.

Tujuan dari setiap program ini menurut Ahok adalah untuk mensejahterakan warga baik dari segi kesehatan, pendidikan maupun ekonomi.

Massa Demo dari Bekasi dan Tangerang Mulai Berdatangan
Posko logistik demo 4 November

Ini Lokasi Posko Makanan, Minuman dan Medis untuk Pendemo

Ada empat posko yang disiapkan.

img_title
VIVA.co.id
4 November 2016