Penyebab Kebakaran Hebat di Kedoya

Petugas memadamkan rumah terbakar di Kedoya
Sumber :
  • VIVA.co.id / Muhammad Iqbal

VIVA.co.id - Kebakaran hebat melanda wilayah Kedoya Selatan, Jakarta Barat, Kamis 28 Mei 2015. Lokasi kebakaran persis di belakang salah satu stasiun televisi swasta.

Dua Pekerja Tewas, Proyek Hotel Swiss Bell Dihentikan

Si jago merah melahap puluhan bedeng-bedeng liar di lahan luas Jalan Pilar Mas Kedoya Selatan.

Kapolsek Kebon Jeruk, Komisaris Slamet, mengatakan penyebab api diduga dari percikan api kabel listrik yang putus, lalu menimpa rumah salah seorang warga di dalam lahan yang dipenuhi bedeng dari kayu dan papan.

"Menurut saksi mata bernama Anggi Arta, kabel tersebut menimpa rumah seorang warga bernama Rudi, lalu menyambar kasur busa," ujar Kapolsek.

Kemudian api membesar sehingga menghanguskan puluhan rumah bedeng. Saksi mata menyebut, api sangat besar karena diterpa angin kencang. Lalu api menyambar salah satu rumah di perumahan Delta Kedoya Blok G12 milik Wike, di belakang lahan tersebut.

Usai Kebakaran, Gedung Proyek Swiss-Belhotel Dijaga Ketat

Rumah Wike habis terbakar, petugas kebakaran berusaha memadamkan api dan menyelamatkan rumah Wike.

Sementara puluhan warga yang tinggal di lahan luas tersebut tampak berlarian menyelamatkan harta benda mereka.

Camat Kebon Jeruk, Agus Tri mengatakan lahan kebakaran adalah bangunan liar yang berupa bedeng beratap seng. Ada sekitar 200 jiwa yang berada di lahan tersebut.

Usai Kebakaran, Lubang Besar Menganga di Swiss-Belhotel

"Itu lahan tanah perseorangan. Apakah mereka mengontrak atau hanya menumpang, belum jelas. Saya belum mengecek KTP mereka apakah mereka warga Kebon Jeruk atau bukan" ujar Agus .

Sementara ini, warga korban kebakaran akan diungsikan di Yayasan Al Kamal yang persis berada di belakang lahan tersebut. "Kami akan bantu sampai hari Minggu besok," kata Agus.

Sementara itu, Kepala Sektor Kebun Jeruk Sudin Damkar Jakarta Barat, Rompis Romli, mengatakan kebakaran mulai pukul 14.40 WIB. Dua puluh unit Mobil Kebakaran dikerahkan untuk memadamkan api. (ase)

Pekerja proyek Hotel Swiss-Bell memilih pulang kampung.

Proyek Dihentikan, Pekerja Hotel Swiss Bell Pulang Kampung

Pulang kampung karena tidak ada pendapatan akibat proyek dihentikan.

img_title
VIVA.co.id
8 Agustus 2016