Rumah Sakit Transplantasi Sumsum Dibangun di Jakarta

Gubernur DKI Jakarta, Basuki Tjahaja Purnama hadiri pembangunan rumah sakit
Sumber :
  • Puspen TNI

VIVA.co.id - Gubernur DKI Jakarta, Basuki Tjahaja Purnama, meresmikan pembangunan Rumah Sakit Tzu Chi Indonesia, Minggu, 31 Mei 2015.

Kendaraan yang Lintasi Medan Merdeka Mulai Dialihkan

Acara peletakan batu pertama Tzu Chi Center dilakukan di Aula Jing Si lantai 4, Tzu Chi Center, Jalan Pantai Indah Kapuk Boulevard, Jakarta Utara.

Ahok menyebut kehadirannya menggantikan Presiden Joko Widodo yang berhalangan hadir.

"Semalam Pak Presiden telepon saya, beliau bilang bisa enggak nanti wakili saya? Beliau beralasan baru kembali dan telanjur ada di Bogor," kata Ahok.

Pimpinan Budha Tzu Chi Indonesia, Sugianto Kusuma, menjelaskan rumah sakit ini akan dibangun dalam sebuah area seluas 10 hektar di komplek Tzu Chi Center di Pantai Indah Kapuk (PIK), Jakarta Utara.

"Kelebihan dari rumah sakit ini, kita akan bangun untuk menangani transplantasi sumsum, atau kanker darah (leukemia)," kata Sugianto.

Dia menilai, masyarakat sangat membutuhkan rumah sakit seperti ini. Sebab, kebanyakan transplantasi sumsum masih dilakukan di luar negeri seperti di Singapura.

"Yayasan Budha Tzu Chi Indonesia setiap tahunnya membantu sekitar 15-20 orang melakukan transplantasi sumsum yang biayanya mencapai US$200 ribu per orang. Biasanya kami bantu setiap tahunnya sampai US$3 juta ," Sugianto menjelaskan.

Sekedar informasi, rumah sakit yang mengusung konsep patient oriented ini direncanakan berkapasitas 528 ranjang. Selain itu, pembangunannya juga akan disertai dengan apartemen dokter dan asrama perawat demi mendukung pelayanan yang lebih maksimal terhadap pasien.

Adapun pelayanan unggulan dari rumah sakit Tzu Chi Indonesia adalah fasilitas transplantasi sumsum tulang demi membantu mengobati berbagai macam penyakit kanker. Rumah Sakit Tzu Chi Indonesia diperkirakan akan selesai dalam kurun waktu tiga tahun ke depan. (ase)

Posko logistik demo 4 November

Ini Lokasi Posko Makanan, Minuman dan Medis untuk Pendemo

Ada empat posko yang disiapkan.

img_title
VIVA.co.id
4 November 2016