Beda Pendapat dengan Djarot, Ahok: Kita Masih Baik

Ahok Temui Mendagri
Sumber :
  • ANTARA FOTO/Sigid Kurniawan

VIVA.co.id - Gubernur DKI Jakarta Basuki Tjahaja Purnama memastikan hubungannya dengan Wakil Gubernur Djarot Saiful Hidajat tetap baik. Meski sebelumnya ada beda pendapat antara keduanya terkait pemberian izin terhadap pelaksanaan Pesta Rakyat Jakarta (PRJ) Senayan.

"Kita masih baik-baik saja, masih biasa saja," ujar Ahok, sapaan akrab Basuki, di Balai Kota DKI Jakarta, Senin, 1 Juni 2015.

Ahok mengibaratkan perbedaan pendapat yang saat ini terjadi antara dirinya dan Djarot serupa dengan perbedaan pendapat yang pernah terjadi antara dia dan mantan Gubernur Joko Widodo di tahun 2012 lalu.

Prijanto Klaim Keluarga Bung Hatta Sesali Tutur Kata Ahok

Pada waktu itu, kata Ahok, Jokowi ingin mengujicoba lapangan Monumen Nasional (Monas) sebagai tempat bagi para Pedagang Kaki Lima (PKL). Ahok mengaku sempat menentang rencana Jokowi.

Namun karena Jokowi pada saat itu memiliki legitimasi yang lebih tinggi dari dirinya, Ahok mengatakan, uji coba penggunaan Monas sebagai tempat berjualan bagi PKL akhirnya dilaksanakan. Kebijakan itu, pada akhirnya membuat para PKL terus betah berjualan di lapangan Monas hingga saat ini.

"Saya bilang 'enggak bisa dicoba pak'. Tapi beliau (Jokowi) mau coba, ya akhirnya dicoba," ujar Ahok.

Sebelumnya diberitakan, Ahok dan Djarot sempat berselisih pendapat karena Djarot memberi izin dan memberi dukungan terhadap pelaksanaan PRJ Senayan. Ahok mengatakan Djarot memberi persetujuan terhadap acara yang diselenggarakan oleh event organizer (EO) swasta itu tanpa berkoordinasi dengan dirinya.

Banyak Lawan di Pilkada DKI, Ahok Tak Masalah

Padahal Pemprov DKI, kata Ahok, sebenarnya tidak ingin memberi dukungan terhadap penyelenggaraan acara tersebut karena penyelenggara acara disinyalir hanya ingin mencari keuntungan dengan jalan mencatut nama Pemerintah Provinsi DKI.

"Mereka (EO acara) cuma mau cari untung. Makanya saya bilang ke Pak Wagub, kamu enggak bisa lagi kayak begini. Saya sudah tegur Pak Wagub. Sebetulnya Wagub itu secara jujur menyalahi aturan. Wagub tidak bisa mengeluarkan surat izin atas nama Pemprov. Yang berhak mengeluarkan izin itu hanya gubernur."

Unjuk rasa anti-Ahok

Minat Investasi Tak Terpengaruh Aksi Demo 4 November

Ekonomi Indonesia tetap akan bergerak pada jalurnya.

img_title
VIVA.co.id
4 November 2016