DKI Sediakan 114 Unit Rusun untuk Korban Gusuran Pinangsia

Rusun Tambora Angke Diresmikan
Sumber :
  • VIVA.co.id/Anhar Rizki Affandi

VIVA.co.id - Pemerintah Provinsi DKI Jakarta menyediakan sebanyak 114 unit rumah susun sebagai tempat relokasi bagi warga di Kelurahan Pinangsia, Taman Sari, Jakarta Barat, yang pemukiman mereka kena gusuran pada Rabu, 27 Mei 2015.

Kepala Dinas Perumahan dan Gedung Pemprov DKI, Ika Lestari Aji, mengatakan 114 unit rumah susun itu tersebar di 4 kompleks rumah susun sederhana sewa (rusunawa) yang dimiliki oleh pemprov yakni rusunawa Komarudin, Pulogebang, Daan Mogot, dan Marunda.

"Ada 4 rusunawa yang disediakan untuk merelokasi warga," ujar Ika di Kantor Dinas Perumahan dan Gedung Pemda, Tanah Abang, Jakarta Pusat, Selasa, 9 Juni 2015.

Dari 114 unit rusun itu, 43 di antaranya ada di rusun Komarudin dan Pulogebang, 7 di rusun Daan Mogot, dan 64 di rusun Marunda. Meski demikian, Ika mengatakan, belum semua kepala keluarga yang rumahnya digusur kini telah menempati unit rusun baru yang disediakan tersebut.

Tim Kunker Komisi V Kunjungi Rusunawa Rancacili, Bandung

Beberapa kepala keluarga (KK), kata Ika, masih melakukan persiapan untuk pindah ke hunian barunya usai pemprov DKI meratakan rumah mereka dengan tanah pada pekan lalu.

"Baru 11 dari 114 KK yang telah berhasil direlokasi ke dalam rusun," ujar Ika.

Ika mengatakan DKI akan terus melakukan sosialisasi agar seluruh KK mau direlokasi ke unit rusun yang baru. Setiap KK, kata Ika, hanya dikenakan biaya sewa unit rusun yang terjangkau setiap harinya. Setiap tower rusun pun telah dilengkapi beragam fasilitas publik yang bisa digunakan oleh para KK.

Upaya sosialisasi serupa, kata Ika, untuk selanjutnya akan dilakukan terhadap 197 KK di kawasan RW 10, Bukit Duri, Jakarta Selatan. 197 KK yang tinggal di kawasan langganan banjir setiap tahunnya itu akan dipindahkan ke rusunawa Cipinang Besar Selatan dan rusunawa Pulo Gebang.

"Ada 144 unit rusun di Cipinang Besar Selatan, dan 24 unit rusun di Pulo Gebang," ujar Ika.

Ia berharap tidak ada perlawanan dari warga terhadap rencana relokasi yang akan dilakukan oleh DKI ini. Usai relokasi tuntas, Ika mengatakan, DKI akan melanjutkan pekerjaan normalisasi sungai sebagai bagian dari rencana penanganan musibah banjir Jakarta.

"Kita targetkan minggu ini mereka semua sudah selesai direlokasi," ujar Ika. (ren)

Rusun Tambora Angke Diresmikan

Pemprov DKI Batal Bangun 5 Menara Rusun Baru

Target penyediaan 20 ribu unit rusun tahun ini tak tercapai.

img_title
VIVA.co.id
8 Agustus 2016