Cegah Flu Burung, 286 Unggas Disita di Senen

Sweeping unggas di Tebet
Sumber :
  • VIVAnews/Ikhwan Yanuar
VIVA.co.id
Demi Untung Besar, Peternak di China Jual Ayam 'Tiren'
- Sekitar 286 ekor burung dan ayam yang dimiliki warga di bantaran Kali Ciliwung, Kwitang, Kecamatan Senen, disita oleh Suku Dinas Kelautan, Pertanian dan Ketahanan Pangan Pemerintah Kota Jakarta Pusat. Hal tersebut dilakukan untuk mencegah penyakit flu burung atau Avian Influenza (A1) di wilayah tersebut.

Kementan Korsel Deteksi Flu Burung pada Bebek

Tercatat 270 ekor burung dara dan 16 ekor ayam kampung dari 16 pemilik dibongkar personil Satpol PP. Kemudian, langsung dinaikkan ke truk Sudin kebersihan yang berada dilokasi.
Kandang-kandang Unggas Kumuh di Matraman Dimusnahkan


Hasudungan, Kepala Seksi Peternakan Suku Dinas Kelautan dan Ketahanan Pangan Pemkot Jakarta Pusat, mengatakan pembongkaran kembali dilakukan karena masih banyak aktivitas masyarakat yang memelihara unggas di tengah pemukiman warga.


"Ini dalam upaya penegakan Perda 4 Tahun 2007 tentang Pengendalian dan Pemiliharaan Unggas, karena sudah sering diinggatkan tapi tidak diindahkan, hari ini kita sita unggasnya untuk dimusnahkan," katanya, Selasa 9 Juni 2015.


Selain ditempat itu, petugas juga diturunkan untuk melakukan penyisiran di sepanjang bantaran kali mulai dari kawasan kelurahan Kebon Sirih, Kelurahan Cikini dan Kelurahan Pegangsaan.


"Penertiban ini sudah 3 kali kita lakukan. Ternyata masih ada yang keras kepala, makanya kita akan terus gencarkan penertiban. Kondisi bantaran kali juga terlihat kumuh dan kotor akibat mereka memelihara ternak disana," kata dia. (ren)

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya