Sering Kecurian di Kereta, KAI gelar Investigasi

Pelaku pencuri galon dari atap kereta
Sumber :
  • VIVA.co.id/ Irwandi Arsyad

VIVA.co.id - Tim keamanan stasiun Manggarai menangkap seorang pria berinisial Rafi Lusong (30) yang diduga telah melakukan pencurian galon air mineral kosong dari dalam kereta apiĀ  2666 ( KA Barang pengangkut air mineral Aqua Cicurug-Jakarta Gudang PP) pada Minggu, 14 Juni 2015 dini hari.

VIDEO: Pria Nekat Rampas Mobil di Siang Bolong

Corporate Communication PT KAI Daop 1 Jakarta, Bambang S Prayitno mengatakan, sebelumnya dilakukan pengintaian oleh tim keamanan dan interogasi di pos pengamanan stasiun Manggarai. Setelah itu diserahkan ke Polsek Menteng, Jakarta Pusat.

Bambang menambahkan, saat ditangkap, pelaku tidak membawa identitas, menurut pengakuannya pelaku bernama Rafi kelahiran Manado, 07 Juli 1985 yang beralamat di Menteng Trenggulun Rt 05 Rw 01.

Unik, Jembatan Rel Kereta Ini Hanya Ada di Australia

Bambang menerangkan, penangkapan ini diketahui setelah Rafi mengambil beberapa galon dari atas kereta. "Kemudian menyergap tetapi pelaku melarikan diri ke perkampungan warga dan akhirnya berhasil ditangkap di perkampungan tersebut, dibantu masyarakat sekitar. Kita amankan bersama 16 galonnya" kata Bambang.

Executif Vice President PT. KAI Daop 1 Jakarta, Apriyono Wedi Chresnanto, menambahkan, angkutan barang air mineral dari stasiun Cicurug tujuan Jakarta Gudang yang di jalankan sejak 15 Juni 2014 mengangkut total per hari 10.752 galon dengan 8 Gerbong datar ini merupakan kerjasama angkutan Perusahaan air mineral dengan anak perusahaan PT KAI Logistik.

Menelusuri Jalur Kereta Terpendek di Dunia

"Menurut informasi yang kami peroleh, sering terjadi pencurian botol-botol kosong ketika keret kembali ke sta Cicurug Kabupaten Sukabumi, rata-rata perhari antara 2 sampai dengan 25 galon kosong hilang, pada bulan Januari 162, Feb 255, Maret 168, April 95, dan Mei 239 botol galon," kata Apriyono.

Untuk mengantisipasi hal tersebut terulang kembali, KAI juga akan melakukan operasi tersebut. Berdasarkan data yang dihimpun pihaknya, tak hanya galon mineral saja, tapi pencurian-pencurian kabel dan penambat rel yang hilang.

Stasiun Gambir

Penumpang Kereta Luar Kota Bisa Berangkat dari Jatinegara

Ada delapan kereta eksekutif.

img_title
VIVA.co.id
4 November 2016