Khusyuknya Doa Ahok di Makam Husni Thamrin

Basuki T Purnama di makam pahlawan nasional Mohammad Husni Thamrin
Sumber :
  • Fajar GM
VIVA.co.id
Pengganti Ahok Minta Demonstran Tak Terprovokasi
- Gubernur DKI Jakarta, Basuki Tjahaja Purnama, bersama Wakil Gubernur DKI, Djarot Saiful Hidayat, dan jajaran Pegawai Negeri Sipil (PNS) Pemprov DKI Jakarta, melakukan ziarah ke makam pahlawan di TMP Kalibata, Jakarta Selatan, Selasa 16 Juni 2015.

Skenario Pergerakan Massa Demo 4 November

Setelah melakukan ziarah ke TMP Kalibata, rombongan melanjutkan ziarah ke Taman Pemakaman Karet Bivak, Jakarta Pusat. Ahok memimpin upacara untuk menghormati jasa pahlawan nasional Mohammad Husni Thamrin. Ahok terlihat khusyuk menundukkan kepala saat upacara memasuki prosesi doa bagi pahlawan nasional yang berasal dari Jakarta itu.
Pesan Twitter untuk Aksi Damai 4 November


Ahok menganggap Thamrin adalah pahlawan yang berjasa bagi kemerdekaan bangsa. Thamrin juga merupakan salah satu tokoh yang memelopori pembangunan di Jakarta.


Saat usianya baru 25 tahun, Thamrin mendirikan organisasi politik Perkumpulan Kaum Betawi. Organisasi itu kemudian berjuang untuk menuntut pemerintah kolonial membangun infrastruktur yang menguntungkan rakyat Jakarta.


Salah satu hasil perjuangan organisasi itu adalah fasilitas penyediaan air bersih Penjernihan di Jakarta Pusat. "Kita mengenang dan menghormati beliau. Beliau adalah orang berjasa luar biasa yang telah mendahului kita," ujar Ahok, Selasa, 16 Juni 2015.


Ahok mengatakan, ziarah makam yang dilakukannya hari ini juga bertujuan untuk membuat generasi muda bisa tetap mengingat jasa-jasa pahlawannya. Generasi muda, kata dia, harus mengenang jasa-jasa pahlawan, meneladani perjuangan mereka, serta mengambil suri tauladan dari para pahlawan yang telah berjuang untuk merebut dan mempertahankan kemerdekaan bangsa.


"Generasi muda kita harus bisa ambil pelajaran dari perjuangan para pahlawan," ujar Ahok.


Selain MH Thamrin, Ahok juga menziarahi makam komponis nasional Ismail Marzuki di Taman Pemakaman Karet Bivak. Ahok bersama Wakil Gubernur DKI Jakarta Djarot Saiful Hidayat, Sekretaris Daerah DKI Saefullah, serta ratusan PNS Pemerintah Provinsi DKI Jakarta.


Sebelumnya, di Taman Makam Pahlawan (TMP) Kalibata, Ahok dan rombongan menziarahi 5 makam, yaitu makam Gubernur DKI Jakarta ke-12 Letjen TNI (Purn) Wiyogo Atmodarminto, Wali Kota Jakarta ke-5 Sudiro Hardjodisastro, Wali Kota Jakarta Raya ke-1 dan ke-3 Raden Suwiryo, pahlawan nasional Ahmad Yani, serta Wakil Presiden RI ke-5 Soedharmono.


Ziarah makam ini dilakukan sebagai salah satu rangkaian peringatan Hari Ulang Tahun Jakarta ke-488.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya