Ahok Ingin Bangun GOR Terbesar Pakai Lahan TNI AU

Gubernur DKI Jakarta Basuki Tjahaja Purnama
Sumber :
  • ANTARA FOTO/Sigid Kurniawan

VIVA.co.id - Gubernur DKI Jakarta, Basuki Tjahaja Purnama, mengungkapkan rencana untuk membangun Gelanggang Olah Raga (GOR) bertaraf internasional di atas lahan yang dimiliki TNI.

"Kita ingin punya banyak lahan buat masyarakat berolahraga," ujar Ahok, sapaan akrab Basuki, usai meresmikan fasilitas latihan menembak di Markas Kopassus Cijantung, Jakarta Timur, Rabu 17 Juni 2015.

GOR tersebut, kata Ahok, akan dibangun di atas lahan milik TNI karena jumlah lahan kosong milik pemerintah atau sipil di wilayah Jakarta yang bisa digunakan untuk melakukan pembangunan infrastruktur baru saat ini sudah terbatas.

Sedangkan TNI, kata Ahok, memiliki banyak lahan yang masih belum terpakai. "Daripada lahan punya mereka jadi berantakan," kata Ahok.

Pembangunan GOR sendiri akan dilakukan melalui mekanisme yang sama yang dilakukan DKI untuk membangun fasilitas latihan menembak yang baru saja diresmikan oleh Ahok.

Kendaraan yang Lintasi Medan Merdeka Mulai Dialihkan

Pembangunan, dilakukan di atas lahan yang sepenuhnya milik TNI, namun dengan anggaran yang diambil dari APBD DKI.

Ahok mengatakan, pelaksanaan mekanisme ini dapat menghemat anggaran. DKI tidak perlu melakukan pembelian lahan untuk melakukan pembangunan, sedangkan TNI menjadi memiliki sebuah fasilitas baru. "Kita ini sama-sama untung," ujar Ahok.

Pembangunan GOR sendiri, kemungkinan akan dilakukan di atas lahan yang dimiliki oleh TNI AU di kawasan Halim Perdanakusumah, Jakarta Timur. Ahok mengatakan TNI AU memiliki lahan seluas 6.000 meter persegi yang belum terpakai di kawasan Bandara tersebut.

GOR nantinya akan sepenuhnya menjadi aset milik TNI. TNI dapat menggunakannya untuk berbagai keperluan mereka seperti latihan atau upacara. Kendati demikian, karena dibangun dengan anggaran DKI, nantinya GOR tersebut bisa dimanfaatkan secara gratis oleh masyarakat.

Ahok juga membuka kemungkinan GOR yang diwacanakan untuk dibangunnya itu akan digunakan untuk keperluan perhelatan pesta olahraga terbesar antar bangsa-bangsa Asia di tahun 2018 nanti, Asian Games.

"Mekanisme kayak gini enggak ngelanggar aturan kok. Emang TNI punya negara lain? Buat kita yang mah yang terpenting GOR-nya terbangun di Jakarta, bisa digunakan warga," jelas Ahok. (ren)

Posko logistik demo 4 November

Ini Lokasi Posko Makanan, Minuman dan Medis untuk Pendemo

Ada empat posko yang disiapkan.

img_title
VIVA.co.id
4 November 2016